Wikipedia

Search results

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa


    Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Banyak cara alternatif yang dapat di ambil guru dalam mengatasi kesulitan belajar  siswanya. Namun sebelum menetapkan alternative pemecahan masalah kesulitan belajar siswa , guru sangat diajurkan untuk  terlebih dahulu melakukan identifikasi ( upaya mengenali gejala dengan ceramat ) terhadap fenomena yang menunjukkan kemunkinan adanya kesulitan belajar yang melanda sisa tersebut. Upaya seperti ini disebut diagnosis yang bertujuan menetapkan jenis penyakit yakni kesulitan belajar siswa.
Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong , membimbing , dan memberi  fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai Sesutu proses yang dinamis dalam segala fase dalam proses pekembangan siswa.  Secara lebih terpenci tugas guru  berpusat pada :
1.      Mendidik dengan kritik berat memberikan arahan dan motivasi pengalam belajar yang memadai ;
2.      Memberikan fasilitas pencapaian tujuan melalui pengalaman belajar yang memadai
3.      Membantu perkembangan aspek aspek pribadi seperti sikap, nilai nilai, dan penyesuaian diri.
Demikianlah, dalam proses belajar mengajar guru tidak terbatas guru tidak terbatas segala penyampaian ilmu pegetahuan akan tetapi lebih dari itu, ia akan bertanggung jawab akan keseluruhan perkembangan kepribadian siswa. Ia harus mampu menciptakan proses belajar yang sedemikian rupa sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar secara aktif dan dinamis dalam memenuhi kebutuhan dan menciptakan tujuan.
            Kesempatan belajar mekin terbuka melalui berbagai sumber dan media. Siswa siswi masa kini dapat belajar  dari berbagai sumber dan media seperti surat, radio, televise , film dan sebagainya. Ia pun dapat belajar dalam berbagai kesempatan dan kegiatan di luar sekolah. Guru hanya salah diantara  berbagai sumber  dan media belajar.
            Selain itu, untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa ketika proses pembelajaran berlangsung dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:
1.      Guru dapat menggunakan model pembelajaran dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran yang hendak disampakan.
2.      Pembelajaran hendak berpusat pada siswa,  agar siswa bias lebih aktif.
3.      Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang berupa animasi, gambar, permainan , mind mapping, dan lain lainnya untuk mempermudah siswa memahami konsep dalam suatu materi.
4.      Pembelajaran hendaknya harus kepada sumber belajanya langsung sehingga mempermudah siswa untuk memahami materi pembelajaran sekaligus dapat mengelola pengetahuan siswa  dari sumber pelajaran berlangsung.


DAFTAR PUSTAKA
Tadjab. 1945 . Ilmu Jiwa Pendidikan. Surabaya : TIM Bina Insan Mandiri