Cara
Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Banyak cara alternatif yang dapat di ambil guru dalam
mengatasi kesulitan belajar siswanya. Namun
sebelum menetapkan alternative pemecahan masalah kesulitan belajar siswa , guru
sangat diajurkan untuk terlebih dahulu
melakukan identifikasi ( upaya mengenali gejala dengan ceramat ) terhadap
fenomena yang menunjukkan kemunkinan adanya kesulitan belajar yang melanda sisa
tersebut. Upaya seperti ini disebut diagnosis yang bertujuan menetapkan jenis
penyakit yakni kesulitan belajar siswa.
Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas
untuk mendorong , membimbing , dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai
tujuan. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi
dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi
pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar
sebagai Sesutu proses yang dinamis dalam segala fase dalam proses pekembangan
siswa. Secara lebih terpenci tugas
guru berpusat pada :
1. Mendidik
dengan kritik berat memberikan arahan dan motivasi pengalam belajar yang
memadai ;
2. Memberikan
fasilitas pencapaian tujuan melalui pengalaman belajar yang memadai
3. Membantu
perkembangan aspek aspek pribadi seperti sikap, nilai nilai, dan penyesuaian
diri.
Demikianlah,
dalam proses belajar mengajar guru tidak terbatas guru tidak terbatas segala
penyampaian ilmu pegetahuan akan tetapi lebih dari itu, ia akan bertanggung
jawab akan keseluruhan perkembangan kepribadian siswa. Ia harus mampu
menciptakan proses belajar yang sedemikian rupa sehingga dapat merangsang siswa
untuk belajar secara aktif dan dinamis dalam memenuhi kebutuhan dan menciptakan
tujuan.
Kesempatan
belajar mekin terbuka melalui berbagai sumber dan media. Siswa siswi masa kini
dapat belajar dari berbagai sumber dan
media seperti surat, radio, televise , film dan sebagainya. Ia pun dapat
belajar dalam berbagai kesempatan dan kegiatan di luar sekolah. Guru hanya
salah diantara berbagai sumber dan media belajar.
Selain itu, untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa
ketika proses pembelajaran berlangsung dapat dilakukan dengan berbagai cara,
seperti:
1. Guru
dapat menggunakan model pembelajaran dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan
materi pembelajaran yang hendak disampakan.
2. Pembelajaran
hendak berpusat pada siswa, agar siswa bias
lebih aktif.
3. Guru
dapat menggunakan media pembelajaran yang berupa animasi, gambar, permainan , mind
mapping, dan lain lainnya untuk mempermudah siswa memahami konsep dalam suatu
materi.
4. Pembelajaran
hendaknya harus kepada sumber belajanya langsung sehingga mempermudah siswa
untuk memahami materi pembelajaran sekaligus dapat mengelola pengetahuan
siswa dari sumber pelajaran berlangsung.
DAFTAR PUSTAKA
Tadjab. 1945 . Ilmu Jiwa Pendidikan. Surabaya : TIM
Bina Insan Mandiri