Wikipedia

Search results

CONTOH PIDATO CARA BELAJAR YANG BAIK DAN BENAR



JUDUL PIDATO : CARA BELAJAR YANG BAIK DAN BENAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَبِهِ أَجْمَعِيْنَ. (أََمَّا بَعْدُ)

Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin, wassolaatu wassalaamualaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin, sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi aj’ma'iin, Amma ba’du.

Puji dan syukur marillah kita panjatkan ke khadirat Allah SWT yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat sehingga kita bisa berada dalam ruangan yang cukup sederhana ini untuk mengikuti mata kuliah bahasa indonesia.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan alam Nabi besar Muhammad Saw. Nabi penutup para Nabi, Nabi sebagai suri tauladan yang membawa kita dari jaman kegelapam menuju jazam yang terang benderang seperti sekarang ini.
Yang saya hormati Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia Ibu Innany Mukhlisina , M.Pd serta teman-temanku yang saya banggakan. Pada kesempatan kali saya akan  menyampaikan sebuah pidato yang betema “ Cara Belajar Yang Baik dan Benar. Belajar merupakan suatu kewajiban bagi kita semua. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat manusia yang memang sejatinya tercipta sebagai pemimpin di muka bumi ini untuk belajar dari lahir sampai mati.        طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr) . Saat kita memasuki bangku pendidikan, belajar secara formal untuk menuntut ilmu merupakan sebuah rutinitas sehari-hari yang selalu kita jalani demi terwujudnya cita-cita di masa depan. akan tetapi, kadang kala kita lupa dengan kewajiban kita yang satu ini karena disibukan dengan aktivitas lain. dengan kata lain, kita sering kekurangan waktu untuk memaksimalkan proses belajar kita.
jika ini terjadi dalam kehidupan kita, ada baiknya kita pandai-pandai menyiasati waktu yang kita punya untuk belajar secara baik dan benar.

temen temen sekalian yang saya hormati. Belajar yang baik dan benar merupakan sebuah metode belajar yang mengutamakan hasil yang akan dicapai dari proses belajar tersebut, serta ditunjang dengan proses pelaksanaan yang efisien. Beberapa keuntungan dari belajar efektif ini adalah kita akan lebih cepat mengerti tentang materi yang sedang kita pelajari. selain itu, kita juga dapat menghemat waktu untuk belajar sehingga dapat mengalokasikan kelebihan waktu tersebut untuk mengerjakan hal-hal lain yang juga bermanfaat. dan pada akhirnya kita tidak akan cepat merasa jenuh karena selalu berkutat dengan proses belajar menuntut ilmu. Adapun beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjalani proses belajar yang efektif antara lain;
1.      Niat dan Selalu berdoa agar diberikan kemudahan dalam belajar
Ketika kita melakukan segala aktivitas, allah menganjurkan hambanya untuk berdo’a memohon pertolongan kepadaNya. Al Qur’an menjelaskan”Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepadaku niscaya akan kuperkenankan bagimu” (Qs. Ghafir: 60) jadi jelaslah akan mendengar segala permohonan dan permintan hambanya dan bahkan allah akan mengabulkannya.
2.      Cintailah mata pelajaran yang kita suka
Misalnya kita tidak bisa dalam pelajaran fisika, namun kita sangat mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan kita mendapatkan nilai ulangan fisika yang sempurna, karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan.
3.      Coba dan Gagal (Trial and Error)
Dalam hidup ini, gagal adalah teman kita juga, jadi jangan pernah menghindar darinya. Kita salah, untuk apa? agar kita tahu yang benar itu bagaiman. Materi yang sesulit apapun, pasti akan bisa kita kuasai asal tidak ada kata menyerah memahaminya. Coba terus, gagal sudah biasa.

Jadi, kesimpulannya adalah belajar secara efektif dapat meningkatkan kualitas belajar kita dalam kehidupan sehari-hari. Karena, belajar secraa efektif dapat membuat proses belajar kita menjadi lebih menyenangkan. Oleh karena itu, harapan saya  teman teman dapat merubah pola belajarnya, yang awalnya kurang baik menjadi lebih baik lagi.

          Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas segala perhatiannya kurang dan lebihnya mohon maaf karena segala kekurang ada pada diri saya dan segala kelebihan  datang dari allah swt.
Billahhi fisabillilhaq fastabikul khairot wasalamualikum warohmatullahi wabarokatuh.