Wikipedia

Search results

~INILAH ALASAN KENAPA KITA HARUS MERANTAU~


Rusunawa Universitas Muhammadiyah Malang


Imam Asy-Syafi’I Berkata :
Orang yang beradab tidak diam istirahat dimkampung halaman. Tinggalkan negerimu dan hidup asing ( di negeri orang ).


Merantaulah !

Merantaulah agar pikiranmu lebih mendewasa, dengan merantau maka kamu didik untuk menjadi orang yang mandiri. Dengan merantau, maka akan membuka lebar pikiran kita tentang hakikat kehidupan yang sebenarnya.  Merantaulah agar kamu menjadi orang yang lebih bertanggung  jawab di dunia ini. Ketika kamu merantau itu artinya orang tuamu memberikan kepercaya kepadamu bahwa kamu mampu mengatasi dunia luar yang sangat keras. Merantaulah agar kamu tau bahwa tiada yang lebih indah selain berada di dekat orang tua kita.  Merantaulah agar kamu tau betapa spesialnya makanan buatan ibumu ketika kamu jauh dengan nya.  Dengan merantau betapa berharga nya bangun pagi yang di bangunkan oleh ibumu. Dengan merantau kamu akan mengerti tentang kerinduan yang sebernaya, mulai rindu orag tua, saudaramu, kampong halamanmu atau bahkan orang orang terdekatmu. 

Merantaulah  !

karena hanya dengan merantau, engkau akan melihat betapa indahnya bumi yang di ciptakan allah SWT. Karena dengan merantau engakau akan berkenalan dengan beragam manusia ciptaanNya.  Dengan berbagai bentuk warna ukuran, dan rupa. Berbagai variasi budaya, ras , suku, bahasa dan agama. Disitulah kita akan saling menghargai dan menghormati antara yang satu dengan yang lainnya. Dari situ kita agar belajar betapa banyaknya budaya yang ada di bumi allah SWT. Disitulah kita akan akan dituntut agar bisa menanggulangi budaya-budaya tersebut.  Dengan merantau di situlah kita akan mengetahui bahwa tiada yang lebih berarti kecuali mendekatkan diri pada allah SWT. Merantau adalah salah satu cara agar mengetahui kebesaran allah SWT, serta keberagaman sesuatunya. Setiap celah bias menjadi sebuah bahan cerita yang bias dikembangkan menjadi sebuah bentuk SYUKUR kepada Allah SWT.

Merantaulah  !!!

Karena hanya dengan merantau, kita bias merasakan dan mengalami serta mengerti berbagai kurikulum yang ada. Mengagumi dan atau mencari kebaikan darinya. Mengambil yang baik lalu mengembangkanNya. Dengan merantau saya mengerti , bahwa di negeri yang jauh sana, semua anak muda yang memasuki usia 16, sekolah sambil kerja. Ketika mereka memasuki usia 18, mereka pisah rumah dengan orang tuannya dan memilih agar bias hidup mandiri dan tanggung jawab. Dengan merantau, membuka pikiran saya bahwa negara negara tertentu , nilai akademik bukan tujuan utama. Melainkan adab. Bakat serta gembira dalam mempelajari sesuatu lebih berat daripada sekedar nilai A. dengan merantau saya belajar, bahwa mengajarkan anak anak tentang aqidah lebih utama dari jenis jenis najis yang ada. Merantaulah, karena dalam rantauan, lebih banyak hal yang harus kita pelajari dalam hidup kita. Mulai dengan bagaimana kita survive di tempat orag, dengan uang ala kadarnya. Bagimana tubuh kita tubuh kita yang hidup di daerah tropis kemudian bertahan hidup di di musin yang dinginnya dibawah 0 derajat celcius. Bagaiaman senantiasa mengahadirkan makanan yang buat keluarga, menyadarkan tentang betapa pentingnnya aurat dan meneliti kehalalan pada tiap  be da yang kita masukan ke dalam keranjang.

Merantaulah, Insya Allah, ada niat ada jalan !!!

Luruskan niat untuk mendapatkan rindhoNya, untuk bisa menikmati belahan bumi lain ciptaanNya, untuk memperkuat silaturrahmi, dan menguatkan islamiyah di bumi Allah lainnya.

Merantaulah!

Karena dengan kau merantau kau akan mengerti  maksud ku ini !

















Sumber pengalaman sendiri serta orang-orang  terdekat~