Wikipedia

Search results

CONTOH PIDATO GLOBALISASI REVOLUSI 4.0




Assalamualaikum, Wr.Wb

Yth. Ibu dosen pengampu matakuliah Bahasa Indonesia.
Ibu Innany Mukhlisina M,pd
Beserta rekan-rekan PGSD A1 yang saya banggakan

            Pertama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan hidayahnya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal-afiat. Sholawat dan salam, semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammmad SAW yang telah mengantarkan kita dari alam kebodohan menuju alam kecerdasan seperti saat ini.
Seperti yang kita ketahui, saat ini dunia telah memasuki masa globalisasi. dimana semua aspek sudah terbaharui oleh perkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini tentu saja telah mengantarkan dunia pada titik kemajuan yang pesat. Dengan adanya Globalisasi saat ini dunia telah sampai pada masa “Revolusi Industri 4.0” dimana tenaga manusia mulai tergantikan oleh sistem teknologi yang bersumber dari  keoptimalan fungsi otak atau kecerdasan yang diaplikasikan melalui kecanggihan teknologi, salah satu contoh terciptanya robotika. Dengan demikian, peran orangtua serta lembaga pendidikan berperan penting dalam mengantarkan dunia untuk melewati revolusi Industri 4.0 yang mana dapat terealisasi melalui generasi muda terbaik bangsa, yang nantinya akan menjadi tombak kemajuan suatu bangsa.
Dalam rangka mencetak generasi yang berkualitas tentu saja tidak lepas dari peranan pendidik dalam mengembangkan karakter serta kecerdasan intelektual bagi peserta didik melalui lembaga pendidikan. Yang nantinya akan berguna sebagai bekal dalam menghadapi Revolusi Industri, seperti sekarang ini.
            Untuk itu, pendidikan karakter dan Intelektual memang harus ditanamkan mulai sejak dini, penanaman pendidikan karakter dan intelektual dapat dijalankan salah satunya melalui tingkatan Sekolah dasar. Yang mana sekolah dasar berperan sebagai fondasi terbentuknya kepribadian generasi muda yang berkualitas. Untuk itu, skill dan kualitas pendidik khususnya di tingkat sekolah dasar harus benar-benar diasah agar mampu memberikan pelatihan dan pembelajaran kepada peserta didik sebagai alat pembidik dalam menyongsong Era Revolusi Industri  4.0
            Keberadaan guru sebagai pendidik juga harus mampu memberikan keteladanan bagi peserta didik agar dapat menarik minat peserta didik akan pentingnya sebuah pendidikan. Selain kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik, unsur – unsur pendidikan yang lainnya seperti adanya sumber belajar atau buku yang memadai, serta ruang kelas atau lingkungan sekolah yang layak, Juga memiliki pengaruh terhadap terselenggaranya pendidikan yang berkualitas. Hal ini seharusnya bisa menjadi PR bagi aparat pemerintahan untuk bersama-sama dalam menggagas tersedianya sarana dan prasarana unruk menunjang ketersediaan pendidikan yang berkualitas.
Problematika seperti ini, harusnya menjadi motifasi bagi calon guru muda untuk bisa meningkatkan skill dan kualitas, serta membangun pemahaman kepelatihan mengajar sebagai bekal mengajar. Untuk itu, mari bersama-sama, terjun dalam terselenggaranya pendidikan yang berkualitas dengan cara menyediakan ataupun menjadi bagian dari unsur-unsur pendidikan yang layak. Sehingga dunia pendidikan maju dengan perkembangan yang pesat, baik dalam sistem maupun hasil dari dunia pendidikan.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan motivasi kepada kita semua calon guru. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.  Wassalamualaikum Wr.Wb