MAKALAH
PERSPEKTIF
PENDIDIKAN
Pengantar
Pendidikan
Yang
Dibina Oleh Dr.Ichsan Anshory Am,M Pd
Makalah
Ini Ditujukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Pengantar Pendidikan
Disusun
Oleh:
Rahmawatin
Nisa
Siti
Nor Haliza
Deka
Imannuria
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MALANG
TAHUN
2018
KATA
PENGANTAR
Dengan menyebut nama
Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Kami panjatkan puji syukur
kehadirat–Nya yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya.Sehingga
kami dapat menyelesaikan tugas makalah profesi keguruan yang berjudul
perspektif pendidikan ini.
Adapun tujuan dari
pembuatan makalah ini adalah untuk membantu para penulis dan pembaca mengenal
dan mengetahui lebih jauh lagi apa yang
dimaksud dengan perspektif pendidikan itu dan apa saja yang mendasari pola-pola
perspektif pendidikan.
Tentu dalam proses penyusunan dan pembuatan makalah
ini tak lepas dari kekurangan penulis dalam menyampaikan isi dari makalah
ini.Baik dalam segi,penulisan,pemahaman,isi dan lainya,Untuk itu kami sangat
terbuka dalam menerima kritik dan saran dari pembaca.
Dalam proses penyusunan
makalah ini tak lepas dari bantuan, arahan dan masukan berbagai pihak dan kerjasama kami. Untuk itu kami ucapkan banyak terima
kasih atas segala partisipasinya dalam menyelesaikan makalah ini.
Demikian yang bisa saya sampaikan,
semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan
manfaat yang nyata untuk masyarakat luas dan lingkungan.
Malang,20 September 2018
Penulis
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar.......................................................................................................................2
Daftar
isi.................................................................................................................................3
Pendahuluan...........................................................................................................................4
1.1 Latar Belakang.................................................................................................................5
1.2 Rumusan Masalah............................................................................................................5
1.3 Tujuan..............................................................................................................................5
1.4
Manfaat............................................................................................................................5
ISI..........................................................................................................................................6
2.1 Pengertian Perspektif Pendidikan....................................................................................
2.2 Pengertian Pendidikan..................................................................................................
2.3 Konsep Dasar Pendidikan.............................................................................................
2.4 Unsur-Unsur Pendidikan Dan Pendidikan Sebagai
Sistem............................................
2.5 Hakikat,Fungsi,Tujuan Dan Peranan Pendidikan
Dalam Memanusiawikan Manusia.....
Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
Daftar
Pustaka
BAB
1
PENDAHULUAN
A.Latar
Belakang
Pendidikan
adalah suatu usaha untuk mencapai proses pembelajaran dan untuk sarana
mengembangkan serta meningkatkan kualitas
potensi yang ada dalam diri manusia di masa yang akan datang baik bagi
dirinya sendiri maupun untuk orang lain.khusunya dalam lingkup
perkembangan anak pada usia sekolah
dasar(sd).yang dapat di artikan bahwa pada masa ini banyak faktor yang ikut
berpengaruh dan saling terjalin dalam proses perkembangan anak. baik unsur
instrinsik(dalam) ataupun ekstrinsik (luar).tentu proses ini melibatkan peran
para pendidik yang berkompeten agar mencapai hasil yang baik.
Di sekolah
dasar, anak diharapkan memperoleh dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan yang dianggap penting untuk
keberhasilan ditingkat yang lebih tinggi di masa selanjutnya,Kemudian
dari dasar tersebut kami berusaha untuk menyampaikan apa saja yang ada dan berperan di dalam perspektif pendidikan
tersebut.
B.Rumusan
Masalah
1)
Apa yang dimaksud dengan perspektif
pendidikan?
2)
Apa pengertian dari konsep dasar
pendidikan?
3)
Apa saja yang meliputi unsur-unsur
pendidikan?
4)
Apa yang dimaksud dengan pendidikan
sebagai sistem?
5)
Apa saja hakikat,fungsi,tujuan dan
peranan pendidikan?
6)
Apa peranan pendidikan dalam
memanusiawikan manusia?
C.Tujuan
1)
Untuk mengetahui tentang perspektif
pendidikan
2)
Untuk mengetahui konsep dasar pendidikan
3)
Untuk mendalami unsur-unsur pendidikan
4)
Untuk mengetahui apa yg dimaksud
pendidikan sebagi sistem
5)
Untuk mengetahui hakikat,fungsi,dan
peranan pendidikan
6)
Untuk mengeahui peranan pendidikan
D.Manfaat
Setelah mempelajari
makalah ini diharapkan kita dapat mengetahui dan mengerti perkembangan peserta
didik, sehingga nantinya kita dapat menerapkan ketika menghadapi peserta didik
usia sekolah dasar (SD).
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.Perspektif Pendidikan
Perspektif menurut arti
adalah cara pandang suatu masalah yang terjadi.Sedangkan pendidikan adalah
suatu usaha yang terencana dan sarana untuk mewujudkan suasana belajar guna meningkatkan
kualitas potensi diri manusia di masa yang akan datang.Jadi dapat disimpulkan
bahwa perspektif pendidikan adalah suatu konsep yang Dilihat dari sudut proses
bahwa pendidikan adalah proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya
mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya dan yang akan
menimbulkan perubahan pada dirinya, sehingga berfungsi sesuai kompetensinya
dalam kehidupan bermasyarakat.
2.2.Konsep Dasar Pendidikan
Pendidikan bagi manusia menjadi penting karena hal
tersebut sebagai upaya untuk melakukan proses
yang terencana dan
berkesinambungan sebagai dasar
untuk mengembangkan potensi dan hakikat kemanusiaan.Pendidikan
diselenggarakan sebagai proses
pembudayaan siswa atau peserta didik.Pendidikan tak hanya di sekolah saja namun bisa di lingkungan,dari
pengalaman ataupun lingkup mana saja.Dalam kegiatan belajar dan mendidik kita
akan mengkaji berbgai aspek dasar yang digunakan untuk mengacu nerbagai potensi
dasar yang dimilik oleh peserta didik. pendidikan ialah usaha sadar yang
dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan,
pembelajaran, dan atau pelatihan yang berlangsung di sekolah dan atau di luar
sekolah. Usaha sadar tersebut dilakukan dalam bentuk pembelajaran dimana ada
pendidik yang melayani para siswanya melakukan kegiatan belajar, dan pendidik
menilai atau mengukur tingkat keberhasilan belajar siswa tersebut dengan
prosedur yang ditentukan.
Jadi pendidikan dapat
dimaknai sebagai proses untuk memperbaharui dan membentuk tingkah laku anak didik agar
menjadi manusia dewasa yang mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat
dalam lingkungan alam sekitar dimana individu itu berada. Pendidikan tidak
hanya mencakup pengembangan intelektualitas saja, akan tetapi lebih ditekankan
pada proses pembinaan kepribadian (akhlak) anak didik secara menyeluruh
sehingga anak menjadi lebih dewasa.Dari uraian dan pengertian pendidikan diatas
disimpulkan bahwa pada dasarnya pendidikan adalah usaha manusia (pendidik)
untuk dengan penuh tanggung jawab membimbing anak-anak didik menuju kedewasaan.
2.3.a.Unsur-Unsur
Pendidikan
Unsur-unsur pendidikan
adalah semua komponen yang harus ada di dalam proses pendidikan, yang semuanya harus
merupakan satu kesatuan yang padu
dan saling mengisi satu sama lain.Berikut merupakan unsur-unsur pendidikan yang
harus ada dalam beberapa hal:
1)
Subjek yang dibimbing (peserta didik)
2)
Orang yang membimbing (pendidik)
3)
Interaksi antara peserta didik dengan
pendidik (interaksi edukatif)
4)
Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan
pendidikan)
5)
Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan
(materi pendidikan)
6)
Cara yang digunakan dalam bimbingan
(alat dan metode)
7)
Tempat pelaksanaan dimana peristiwa berlangsung
(lingkugan pendidikan)
b.Pendidikan
Sebagai Sistem
c. Hakikat,Fungsi,Tujuan
Dan Peranan Pendidikan Dalam Memanusiakan Manusia
1) Hakikat Manusia
Manusia adalah mahlukk
yang bertanya, ia mempunyai rasa ingin tahu untuk mengetahui segala
sesuatu.Sebagaimana abnak kecil saja selalu bertanya tentang berbagai
hal?.Dalam rentang ruang waktu tertentu manusia telah dan selalu berupaya mengetahui dirinya
sendiri ia memmpelajari melalui berbagai pendekatan baik dari segi (religi,sosial,komunikasi, filosofi,
psikologi, politik dan lain-lain).Sebab karena itu kita dapat menemuan
berbagai ragam pengetahuan dengan karakteristiknya masing-masing dalam khazanah
pengetahuan manusia.Namun dibalik karakteristik yang dimiliki masing–masing
manusia tersebut pada hakikatnya terdapat satu hal yang sama semua manusia itu
sama di hadapan Tuhan yang membedakan adalah keimanan,maartabat, dan amal atau
ilmu yang berguna ketk
Pengertian
hakikat manusia adalah seperangkat gagasan atau konsep yang mendasar tentang
manusia dan makna eksistensi manusia di dunia.Hakikat berkenaan dengan ‘’
prinsip adanya ‘’(principe de etre) manusia.Dengan kata lain ,pengertian haikat
manusia adalah seperangkat gagasan tentang ‘’sesuatu yang olehnya’’ manusia
ingin menjadi apa yang terwujud dan manusia memiliki kharakteristik yang khas
atau unik dan sebagainya.
2)
Fungsi Manusia
a)
Manusia sebagai mahluk Tuhan
Maksudnya
adalah manusia sebagi subjek yang memiliki kesadaran dan seharusnya menyadari
keberadaan-Nya (Tuhan).Kemudian mampu membedakan dirinya dengan segala sesuatu
yang ada di luar dirinya.Selain itu manusia bukan hanya mampu berfikir tentang
dirinya dengan segala sesuatu yang ada di luar dirinya,tetapi sekaligus sadar
tentang pemikiranya,alam,juga orang-orang yang ada di sekitarnya.
b) Manusia
sebagai kesatuan badan-roh
Masalah
lain yang di tanyakan dan dipikirkan manusia khusunya oleh para filsuf adalah
berkenaan dengan struktur metafisik manusia antara badan dan jiwa rohaninya.
c) Manusia
sebagai mahluk individu
Sebagaimana
anda alami bahwa manusia menyadari keberadaan diri sendiri.Kesadaran manusia
akan diri merupakan perwujudan individualitas manusia.Manusia sebagai kenyataan
yang riil dalam kesadaran manusia.
d) Manusia
sebagai mahluk sosial
Manusia
adalah mahluk individu namun juga sebagai mahluk sosial yang tidak dapat hidup
sendiri dan ada pada saat tertentu membutuhkan bantuan orang lain.Setiap
manusia memang mempunyai tujuan hidup masing-masing.Namun manusia hidup
bermasyarakat dan bersosialisasi dengan orang di sekitar kita.
e) Manusia
sebagai mahluk berbudaya
Manusia
memiliki inisiatif dan kreatif dalam menciptakan kebudayaan,hidup berbudaya,dan
membudaya.Kebudayaan bukan sesuatu yang ada di luar manusia,bahkan hakikatnya
melalui perbuatan maanusia itu sendiri.
f) Manusia
sebagai mahluk susila
Dalam
uraian telah dikemukakan bahwa manusia sadar akan diri dan
lingkunganya,mempunyai ptensi untuk berfikir daan berkehendak bebas,bertanggung
jawab,serta punya potensi untuk berbuat baik ataupun sebaliknya.Karena itulah
eksistensi manusia memiliki aspek kesusilaan.
g) Manusia
sebagai mahluk beragama
Manusia
memiliki kesadaran dalam bentuk atau keyakinan akan kebenaran suatu agama yang
diwujudkan dalam sikap dan perilaku.Hal ini berkaitan dengan keberagman menyiratkan
adanya pengakuan dan pelaksanaan yang sungguh atas agama bukan karena hal yang
lain.
3)
Peranan Pendidikan dalam Memanusiawikan
Manusia
Pendidikan adalah
humanisasi,yaitu upaya memanusiaan manusia atau upaya membantu manusia agar
mampu mewujudkn diri sesuai dengan martabat kemanusiaanya.Oleh karena
pendidikan berarti upaya membantu manusia
untuk menjadi apa,mereka dan seharusnya menjadi pendidik an calon
pendidik perlu memahami hakikat manusia.Berbicara mengenai hakikat manusia,
hakikat manusia sangat berkaitan dengan dunia pendidikan.Manusia