Wikipedia

Search results

MAKALAH PERSPEKTIF PENDIDIKAN


MAKALAH
PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Pengantar Pendidikan
Yang Dibina Oleh Dr.Ichsan Anshory Am,M Pd


Makalah Ini Ditujukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Pengantar Pendidikan

Disusun Oleh:
Rahmawatin Nisa   
Siti Nor Haliza       
Deka Imannuria      






PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
TAHUN 2018

KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Kami panjatkan puji syukur kehadirat–Nya yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya.Sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah profesi keguruan yang berjudul perspektif pendidikan ini.
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk membantu para penulis dan pembaca mengenal dan mengetahui lebih jauh lagi apa  yang dimaksud dengan perspektif pendidikan itu dan apa saja yang mendasari pola-pola perspektif pendidikan.
Tentu dalam proses penyusunan dan pembuatan makalah ini tak lepas dari kekurangan penulis dalam menyampaikan isi dari makalah ini.Baik dalam segi,penulisan,pemahaman,isi dan lainya,Untuk itu kami sangat terbuka dalam menerima kritik dan saran dari pembaca.
Dalam proses penyusunan makalah ini tak lepas dari bantuan, arahan dan masukan berbagai pihak dan kerjasama  kami. Untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih atas segala partisipasinya dalam menyelesaikan makalah ini.
            Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat yang nyata untuk masyarakat luas dan lingkungan.




Malang,20 September 2018
Penulis


















DAFTAR ISI


Kata Pengantar.......................................................................................................................2
Daftar isi.................................................................................................................................3
Pendahuluan...........................................................................................................................4
1.1 Latar Belakang.................................................................................................................5
1.2 Rumusan Masalah............................................................................................................5
1.3 Tujuan..............................................................................................................................5
1.4 Manfaat............................................................................................................................5


ISI..........................................................................................................................................6
2.1 Pengertian Perspektif Pendidikan....................................................................................
2.2 Pengertian Pendidikan..................................................................................................
2.3 Konsep Dasar Pendidikan.............................................................................................
2.4 Unsur-Unsur Pendidikan Dan Pendidikan Sebagai Sistem............................................
2.5 Hakikat,Fungsi,Tujuan Dan Peranan Pendidikan Dalam Memanusiawikan Manusia.....

Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran

 Daftar Pustaka




















BAB 1
PENDAHULUAN


A.Latar Belakang

Pendidikan adalah suatu usaha untuk mencapai proses pembelajaran dan untuk sarana mengembangkan serta meningkatkan kualitas  potensi yang ada dalam diri manusia di masa yang akan datang baik bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain.khusunya dalam lingkup
perkembangan anak pada usia sekolah dasar(sd).yang dapat di artikan bahwa pada masa ini banyak faktor yang ikut berpengaruh dan saling terjalin dalam proses perkembangan anak. baik unsur instrinsik(dalam) ataupun ekstrinsik (luar).tentu proses ini melibatkan peran para pendidik yang berkompeten agar mencapai hasil yang baik.
Di sekolah dasar, anak diharapkan memperoleh dasar-dasar pengetahuan  dan keterampilan yang dianggap  penting untuk  keberhasilan ditingkat yang lebih tinggi di masa selanjutnya,Kemudian dari dasar tersebut kami berusaha untuk menyampaikan apa saja yang ada  dan berperan di dalam perspektif pendidikan tersebut.


B.Rumusan Masalah
1)      Apa yang dimaksud dengan perspektif pendidikan?
2)      Apa pengertian dari konsep dasar pendidikan?
3)      Apa saja yang meliputi unsur-unsur pendidikan?
4)      Apa yang dimaksud dengan pendidikan sebagai sistem?
5)      Apa saja hakikat,fungsi,tujuan dan peranan pendidikan?
6)      Apa peranan pendidikan dalam memanusiawikan manusia?

C.Tujuan
1)      Untuk mengetahui tentang perspektif pendidikan
2)      Untuk mengetahui konsep dasar pendidikan
3)      Untuk mendalami unsur-unsur pendidikan
4)      Untuk mengetahui apa yg dimaksud pendidikan sebagi sistem
5)      Untuk mengetahui hakikat,fungsi,dan peranan pendidikan
6)      Untuk mengeahui peranan pendidikan


D.Manfaat

Setelah mempelajari makalah ini diharapkan kita dapat mengetahui dan mengerti perkembangan peserta didik, sehingga nantinya kita dapat menerapkan ketika menghadapi peserta didik usia sekolah dasar (SD).


BAB II
PEMBAHASAN


2.1.Perspektif  Pendidikan

Perspektif menurut arti adalah cara pandang suatu masalah yang terjadi.Sedangkan pendidikan adalah suatu usaha yang terencana dan sarana untuk mewujudkan suasana belajar   guna meningkatkan kualitas potensi diri manusia di masa yang akan datang.Jadi dapat disimpulkan bahwa perspektif pendidikan adalah suatu konsep yang Dilihat dari sudut proses bahwa pendidikan adalah proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya dan yang akan menimbulkan perubahan pada dirinya, sehingga berfungsi sesuai kompetensinya dalam kehidupan bermasyarakat.


2.2.Konsep  Dasar Pendidikan

Pendidikan bagi manusia menjadi penting karena hal tersebut sebagai upaya untuk melakukan proses  yang terencana dan  berkesinambungan  sebagai dasar untuk mengembangkan potensi dan hakikat kemanusiaan.Pendidikan diselenggarakan  sebagai proses pembudayaan siswa atau peserta didik.Pendidikan tak hanya di  sekolah saja namun bisa di lingkungan,dari pengalaman ataupun lingkup mana saja.Dalam kegiatan belajar dan mendidik kita akan mengkaji berbgai aspek dasar yang digunakan untuk mengacu nerbagai potensi dasar yang dimilik oleh peserta didik. pendidikan ialah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pembelajaran, dan atau pelatihan yang berlangsung di sekolah dan atau di luar sekolah. Usaha sadar tersebut dilakukan dalam bentuk pembelajaran dimana ada pendidik yang melayani para siswanya melakukan kegiatan belajar, dan pendidik menilai atau mengukur tingkat keberhasilan belajar siswa tersebut dengan prosedur yang ditentukan.
Jadi pendidikan dapat dimaknai sebagai proses untuk memperbaharui  dan membentuk tingkah laku anak didik agar menjadi manusia dewasa yang mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan alam sekitar dimana individu itu berada. Pendidikan tidak hanya mencakup pengembangan intelektualitas saja, akan tetapi lebih ditekankan pada proses pembinaan kepribadian (akhlak) anak didik secara menyeluruh sehingga anak menjadi lebih dewasa.Dari uraian dan pengertian pendidikan diatas disimpulkan bahwa pada dasarnya pendidikan adalah usaha manusia (pendidik) untuk dengan penuh tanggung jawab membimbing anak-anak didik menuju kedewasaan.



2.3.a.Unsur-Unsur Pendidikan
Unsur-unsur pendidikan adalah semua komponen yang harus ada di dalam proses pendidikan, yang semuanya  harus  merupakan satu kesatuan  yang padu dan saling mengisi satu sama lain.Berikut merupakan unsur-unsur pendidikan yang harus ada dalam beberapa hal:
1)      Subjek yang dibimbing (peserta didik)
2)      Orang yang membimbing (pendidik)
3)      Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif)
4)      Ke arah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
5)      Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
6)      Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode)
7)      Tempat pelaksanaan dimana peristiwa berlangsung (lingkugan pendidikan)
       b.Pendidikan Sebagai Sistem



            c. Hakikat,Fungsi,Tujuan Dan Peranan Pendidikan Dalam Memanusiakan Manusia

1)      Hakikat Manusia
Manusia adalah mahlukk yang bertanya, ia mempunyai rasa ingin tahu untuk mengetahui segala sesuatu.Sebagaimana abnak kecil saja selalu bertanya tentang berbagai hal?.Dalam rentang ruang waktu tertentu manusia telah  dan selalu berupaya mengetahui dirinya sendiri ia memmpelajari melalui berbagai pendekatan baik dari segi  (religi,sosial,komunikasi, filosofi, psikologi, politik dan lain-lain).Sebab karena itu kita dapat menemuan berbagai ragam pengetahuan dengan karakteristiknya masing-masing dalam khazanah pengetahuan manusia.Namun dibalik karakteristik yang dimiliki masing–masing manusia tersebut pada hakikatnya terdapat satu hal yang sama semua manusia itu sama di hadapan Tuhan yang membedakan adalah keimanan,maartabat, dan amal atau ilmu yang berguna ketk
Pengertian hakikat manusia adalah seperangkat gagasan atau konsep yang mendasar tentang manusia dan makna eksistensi manusia di dunia.Hakikat berkenaan dengan ‘’ prinsip adanya ‘’(principe de etre) manusia.Dengan kata lain ,pengertian haikat manusia adalah seperangkat gagasan tentang ‘’sesuatu yang olehnya’’ manusia ingin menjadi apa yang terwujud dan manusia memiliki kharakteristik yang khas atau unik dan sebagainya.

2)      Fungsi Manusia

a)      Manusia sebagai mahluk Tuhan
Maksudnya adalah manusia sebagi subjek yang memiliki kesadaran dan seharusnya menyadari keberadaan-Nya (Tuhan).Kemudian mampu membedakan dirinya dengan segala sesuatu yang ada di luar dirinya.Selain itu manusia bukan hanya mampu berfikir tentang dirinya dengan segala sesuatu yang ada di luar dirinya,tetapi sekaligus sadar tentang pemikiranya,alam,juga orang-orang yang ada di sekitarnya.
b)      Manusia sebagai kesatuan badan-roh
Masalah lain yang di tanyakan dan dipikirkan manusia khusunya oleh para filsuf adalah berkenaan dengan struktur metafisik manusia antara badan dan jiwa rohaninya.
c)      Manusia sebagai mahluk individu
Sebagaimana anda alami bahwa manusia menyadari keberadaan diri sendiri.Kesadaran manusia akan diri merupakan perwujudan individualitas manusia.Manusia sebagai kenyataan yang riil dalam kesadaran manusia.
d)     Manusia sebagai mahluk sosial
Manusia adalah mahluk individu namun juga sebagai mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan ada pada saat tertentu membutuhkan bantuan orang lain.Setiap manusia memang mempunyai tujuan hidup masing-masing.Namun manusia hidup bermasyarakat dan bersosialisasi dengan orang di sekitar kita.
e)      Manusia sebagai mahluk berbudaya
Manusia memiliki inisiatif dan kreatif dalam menciptakan kebudayaan,hidup berbudaya,dan membudaya.Kebudayaan bukan sesuatu yang ada di luar manusia,bahkan hakikatnya melalui perbuatan maanusia itu sendiri.
f)       Manusia sebagai mahluk susila
Dalam uraian telah dikemukakan bahwa manusia sadar akan diri dan lingkunganya,mempunyai ptensi untuk berfikir daan berkehendak bebas,bertanggung jawab,serta punya potensi untuk berbuat baik ataupun sebaliknya.Karena itulah eksistensi manusia memiliki aspek kesusilaan.
g)      Manusia sebagai mahluk beragama
Manusia memiliki kesadaran dalam bentuk atau keyakinan akan kebenaran suatu agama yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku.Hal ini berkaitan dengan keberagman menyiratkan adanya pengakuan dan pelaksanaan yang sungguh atas agama bukan karena hal yang lain.

3)      Peranan Pendidikan dalam Memanusiawikan Manusia
Pendidikan adalah humanisasi,yaitu upaya memanusiaan manusia atau upaya membantu manusia agar mampu mewujudkn diri sesuai dengan martabat kemanusiaanya.Oleh karena pendidikan berarti upaya membantu manusia  untuk menjadi apa,mereka dan seharusnya menjadi pendidik an calon pendidik perlu memahami hakikat manusia.Berbicara mengenai hakikat manusia, hakikat manusia sangat berkaitan dengan dunia pendidikan.Manusia