Wikipedia

Search results

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :     SD Negeri 2 Tulus Rejo
Kelas / Semester              :     III / I
Tema 3                             :     Benda di Sekitarku
Sub Tema 3                      :     Perubahan Wujud Benda
Pembelajaran Ke            :     1
Alokasi Waktu                 :     1 x Pertemuan ( 6 x 30 )


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1       Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Indikator:
3.1.1        Mengidentifikasi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
3.1.2       Menjelaskan teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
Kompetensi Dasar (KD) :
4.1       Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
4.1.1 Mengelompokkan benda berdasarkan informasi isi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
        
4.1.2 Menyimpulkan informasi isi teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.

SBDP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2        Membedakan pola irama rata dan bervariasi lagu bertanda birama enam.
Indikator:
3.2.1        Mengidentifikasi pola irama rata lagu bertanda birama enam.
3.2.2        Mengelompokkan pola irama lagu bertanda berima enam.

Kompetensi Dasar (KD) :
4.6 Memainkan alat musik ritmis pola irama bervariasi sambil bernyanyi.
Indikator:
4.6.1 Mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
4.6.2 Menyanyikan lagu dengan alat musik ritmis.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) :
3.5 Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka.
Indikator:
3.5.1 Mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
3.5.2 Menunjukkan kesamaan dua ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
Kompetensi Dasar (KD) :
4.2 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator:
4.2.1 Menuliskan kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi yang berkaitan dengan penjumlahan.
4.2.2 Menjawab kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi yang berkaitan dengan penjumlahan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca wacana tentang macam wujud benda di alam, siswa dapat mengidentifikasikan wujud benda berdasarkan teks.
2. Dengan mengamati benda-benda di sekitar kelas, siswa mengelompokkan benda sesuai dengan wujudnya.
3. Dengan mengamati contoh pukulan pola irama enam, siswa dapat mengidentifikasikan pola irama lagu bertanda birama enam.
 4. Dengan mempraktekkan pukulan pola irama 6 pada lagu, siswa dapat mengiringi lagu birama 6 dengan menggunakan alat musik ritmis.
5. Dengan memasangkan dua ekspresi, siswa dapat mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi. 7. Dengan menuliskan persamaan dua ekspresi, siswa dapat menuliskan kalimat m atematika untuk kesamaan dua ekspresi.
D.     MATERI PEMBELAJARAN
         Bahasa Indonesia        : Teks laporan informatif hasil observasi.
         SBdP                           : Pola Irama dan Alat musik ritmis
         Matematika                 : Penjumlahan (penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka)

E.     PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik ( Mengamati, Menanya, Mencoba, Menyajikan , dan Menyimpulkan )
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
¡  Model                 : Jigsaw (Model Tim Ahli) dan Picture and Picture