RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tulus Rejo
Kelas / Semester : III / I
Tema 3 : Benda
di Sekitarku
Sub Tema 3 : Perubahan
Wujud Benda
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan ( 6 x 30 )
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) &
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar (KD) :
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
Indikator:
3.1.1
Mengidentifikasi teks laporan informatif
tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
3.1.2
Menjelaskan teks laporan informatif
tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
Kompetensi Dasar (KD) :
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan
informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi,
perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan
perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian.
Indikator:
4.1.1 Mengelompokkan benda berdasarkan informasi isi
teks laporan informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis
dengan tepat.
4.1.2 Menyimpulkan informasi isi teks laporan
informatif tentang perubahan wujud benda secara lisan atau tulis dengan tepat.
SBDP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2
Membedakan pola irama rata dan
bervariasi lagu bertanda birama enam.
Indikator:
3.2.1
Mengidentifikasi pola irama rata lagu
bertanda birama enam.
3.2.2
Mengelompokkan pola irama lagu bertanda
berima enam.
Kompetensi Dasar (KD) :
4.6
Memainkan alat musik ritmis pola irama bervariasi sambil bernyanyi.
Indikator:
4.6.1
Mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
4.6.2
Menyanyikan lagu dengan alat musik ritmis.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD) :
3.5 Menyederhanakan kesamaan dua
ekspresi dengan menggunakan penambahan/ pengurangan bilangan sampai dua angka.
Indikator:
3.5.1 Mengidentifikasi kesamaan dua
ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
3.5.2 Menunjukkan kesamaan dua
ekspresi menggunakan operasi penjumlahan.
Kompetensi Dasar (KD) :
4.2
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator:
4.2.1
Menuliskan kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi yang berkaitan dengan
penjumlahan.
4.2.2
Menjawab kalimat matematika untuk kesamaan dua ekspresi yang berkaitan dengan
penjumlahan.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca wacana tentang macam wujud benda
di alam, siswa dapat mengidentifikasikan wujud benda berdasarkan teks.
2. Dengan mengamati benda-benda di sekitar kelas,
siswa mengelompokkan benda sesuai dengan wujudnya.
3. Dengan mengamati contoh pukulan pola irama enam,
siswa dapat mengidentifikasikan pola irama lagu bertanda birama enam.
4. Dengan
mempraktekkan pukulan pola irama 6 pada lagu, siswa dapat mengiringi lagu
birama 6 dengan menggunakan alat musik ritmis.
5. Dengan memasangkan dua ekspresi, siswa dapat
mengidentifikasi kesamaan dua ekspresi. 7. Dengan menuliskan persamaan dua
ekspresi, siswa dapat menuliskan kalimat m atematika untuk kesamaan dua
ekspresi.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Bahasa
Indonesia : Teks
laporan informatif hasil observasi.
SBdP :
Pola Irama dan Alat musik ritmis
Matematika : Penjumlahan (penambahan/ pengurangan bilangan
sampai dua angka)
E. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan :
Saintifik ( Mengamati, Menanya, Mencoba,
Menyajikan , dan Menyimpulkan )
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
¡
Model : Jigsaw (Model Tim Ahli) dan
Picture and Picture