Wikipedia

Search results

Analisis Kesalahan Bahasa pada Berita 4 Rumah Terbakar di Jalan Jermal VI Medan Denai


                                                             

4 Rumah Terbakar di Jalan Jermal VI Medan Denai
Medan ( SIB)
         Empat rumah permanen di Jalan Jermal Vl Gang  Bidan 5, Kecematan Medan Denai,  Kamis (21/12) sekitar pukul 13.30 WIB, dilalap sijago merah. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu,  namu kerugian materi ditaksir mencapai seratusan juta rupiah. Pemilik rumah yang terbakar tersebut adalah Suheri (36), Syafii (45), Sutrisno (40) dan Pesek (30).
Informasi yang dihimpun SIB di lokasi,  yang pertama mengetahui adanya kebakaran itu adalah tetangga korban, Ibu Punar (63) dan Poniman (51) warga Jalan Jermal 15 tanah garapan,  dimana keduanya saat itu melintas di depan rumah Suheri dan melihat kepulan asap tembal, serta asap merembet ke rumah lainnya.
Selanjutnya Poniman berteriak memanggil istri Sutrisno  yang saat itu berada di dalam rumah sembari mengatakan jika ada apa yang memberet ke rumahnya.  Dengan spontan istri Sutrisno berlari keluar rumah sembari  berteriak kebakaran.
Seketika itu juga seluruh warga berhaburan keluar rumah dan berusaha memadamkan api dengan air seadanya.  Tak lama sejumlah mobil Petugas Pemadam Kebakaran (P2K) milik Pemko Medan tiba di lokasi dan menyemprotkan air ke 4 rumah yang terbakar.
Beberapa menit kemudian api akhirnya berhasil dipadamkan.  P2K kemudian meninggalkan lokasi,  sedangkan petugas Polsek Medan Area melakukan penyelidikan dan memintai keterangan saksi-saksi.
Kanit Reskrim Polsek Medan Area Iptu Rudyanto ketika dikonfirmasi mengatakan,  dari lokasi pihaknya mengamankan barangbukti berupa sepotong kayu yang terbakar dan seng.   Selanjutnya petugas memasang garis pilosi ( police line ) dilokasi kebakaran guna kepentingan penyelidikan yang nantinya dilakukan Tim Inafis Polrestabes Medan.
" Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu.  Untuk kerugian materi masih kita lakukan perincian.  Sedangkan penyebab kebakaran itu masih dalam penyelidikan", ujarnya.



Analisis Kesalahan Bahasa pada Berita 4 Rumah Terbakar di Jalan Jerman VI Medan Denai
 No
 Paragraf
 Kalimat
 Kesalahan
 Pembetulan
 1








 Paragraf 2








 Kalimat 1








Kesalahan Ejaan

Informasi yang dihumpun SIB di lokasi, yang pertama mengetahui adanya kebakaran itu adalah tetangga korban, Ibu Punar (63) dan Poniman (51) warga Jalan Jermal, dimana keduanya saat itu melintas di depan rumah Suheri dan melihat kepulan asap tebal, serta api merembet ke rumah lainnya.



Pembetulan Ejaan

Informasi yang dihumpun SIB di lokasi, yang pertama mengetahui adanya kebakaran itu adalah tetangga korban, Ibu Punar (63) dan Poniman (51) warga Jalan Jermal. dimana keduanya saat itu melintas di depan rumah Suheri dan melihat kepulan asap tebal, serta api merembet ke rumah lainnya.




 2



 Paragraf 8



 Kalimat 2



tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Untuk kerugian materi masih kita lakukan perincian. Sedangkan penyebab kebakaran itu masih dalam penyelidikan,” ujarnya.

 tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Untuk kerugian materi masih kita lakukan perincian. Sedangkan penyebab kebakaran itu masih dalam penyelidikan”, ujarnya.


 3


 Paragraf 5


 Kalimat 1


 Kesalahan Morfologi

Seketika itu juga seluruh warga berhaburan keluar rumah dan berusaha memadamkan api dengan air seadanya.
 Pembetulan Morfologi

Seketika itu juga seluruh warga berhamburan keluar rumah dan berusaha memadamkan api dengan air seadanya.
 4




 Paragraf 5




 Kalimat 2




Tak lama sejumlah mobil Petugas Pemadam Kebakaran (P2K) milik Pemko Medan tiba di lokasi dan menyemprotkan air ke 4 rumah yang terbakar.


 Tidak lama sejumlah mobil Petugas Pemadam Kebakaran (P2K) milik Pemko Medan tiba di lokasi dan menyemprotkan air ke  empat rumah yang terbakar.






 No
 Paragraf
 Kalimat
 Kesalahan
 Pembetulan
 5



 Pargaraf 6



 Kalimat 2



P2K kemudian meninggalkan lokasi,  sedangkan petugas Polsek Medan Area melakukan penyelidikan dan memintai keterangan saksi-saksi

                                                                                                       P2K kemudian meninggalkan lokasi,  sedangkan petugas Polsek Medan Area melakukan penyelidikan dan meminta keterangan saksi-saksi.


 6


 Paragaf 7


 Kalimat 1


 Kanit Reskrim Polsek Medan Area Iptu Rudyanto ketika dikonfirmasi mengatakan,  dari lokasi pihaknya mengamankan barangbukti berupa sepotong kayu yang terbakar dan seng.
 
 Kanit Reskrim Polsek Medan Area Iptu Rudyanto ketika dikonfirmasi mengatakan,  dari lokasi pihaknya mengamankan barang bukti berupa sepotong kayu yang terbakar dan seng.

 
 7









 Paragaf 7








 Kalimat 2








 Selanjutnya petugas memasang garis pilosi ( police line ) dilokasi kebakaran guna kepentingan penyelidikan yang nantinya dilakukan Tim Inafis Polrestabes Medan.




Selanjutnya petugas memasang garis pilosi
( police line ) dilokasi kebakaran guna kepentingan penyelidikan yang nantinya dilakukan Tim Inafis Polrestabes Medan.

 






 8
 Paragraf 1


 Kalimat 1


 Kesalahan Semantik

Empat rumah permanen di Jalan Jermal Vl Gang  Bidan 5, Kecematan Medan Denai,  Kamis (21/12) sekitar pukul 13.30 WIB, dilalap sijago merah.
 Pembetulan Semantik

Empat rumah permanen di Jalan Jermal Vl Gang  Bidan 5, Kecematan Medan Denai,  Kamis (21/12) sekitar pukul 13.30 WIB, dilalap api.
 9





 Paragraf 2





 Kalimat





Kesalahan Sinteksis

 informasi yang dihumpun SIB di lokasi, yang pertama mengetahui adanya kebakaran itu adalah tetangga korban, Ibu Punar (63) dan Poniman (51) warga Jalan Jermal,dimana keduanya saat itu melintas di depan rumah Suheri dan melihat kepulan asap tebal, serta api merembet ke rumah lainnya.
 Pembetulan Sinteksis

Informasi yang dihimpun oleh SIB dari lokasi bahwa yang pertama kali mengetahui adanya kebakaran tersebut adalah tetangga korban yaitu Ibu Punar
(63) dan Bapak Poniman (51). Dimana keduanya saat melintas di depan rumah Suheri, melihat kepulan asap serta api yang merembet ke rumah lainnya.

Daftar Pustaka :
ISSN 2549–5305 (print), ISSN 2579–7379 (online)