Learning Log 1
Kajian
Bahasa Indonesia Sekolah Dasar
Hakikat Bahasa
Indonesia , Teori Pemerolehan Bahasa serta Pembelajaran Bahasa Indonesia di
Sekolah Dasar
Dosen
Pengampu :
Delora Jantung Amelia, M.Pd
Disusun Oleh
Muhammad Syailan (201810430311052)
Kelas:
PGSD -3B
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMDUYAH MALANG
2019
Learning Log Materi 1
Hakikat Bahasa
Indonesia , Teori Pemerolehan Bahasa serta Pembelajaran Bahasa Indonesia di
Sekolah Dasar
Nama Mahasiswa : Muhammad
Syailan
NIM :
201810430311052
Hari dan Tanggal :
Senin , 16 September 2019
Tempat Kuliah :
GKB 1 Ruangan 3.12
A.
Materi
Pokok Kuliah
1. Definisi
dari hakikat Bahasa
2. Teori
pemerolehan Bahasa
3. Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
B.
Penjelasan
Terkait Materi
1. Definisi
dari hakikat Bahasa
Pada hakikatnya bahasa
adalah bunyi ujar atau lisan. Hal ini dapat dijelaskan dengan mengggunakan
fakta sejarah bahwa orang atau kelompok orang atau masyarakat sejak dahulu
telah dapat melakukan komunikasi dengan menggunakan basaha yang telah
disepakati secara bersama secara lisan.
2. Teori
pemerolehan Bahasa
Pemerolehan bahasa
(language acquististion) adalah proses pemilikan kemampuan bebahasa secara alamiah
a. Berjalan
secara spontan, tanpa di sadari dan tanpa dibebankan
b. Terjadi
secara langsung dalam situasi informal
c. Didorong
oleh kebutuhan.
d. Berlangsung
secara terus menerus dalam berbahasa nyata dan bermakna
e. Diperoleh
secara lisan melalui tindak berbahasa menyimak/ mendengarkan dan berbicara
Tiga Pemerolehan
bahasa
a. Pandagan
Navitisme
b. Pandagan
Behaveoristik
c. Pandagan
Kognitif
Faktor yang mempengaruhi pemerolehan
bahasa
1. Faktor
Biologis
2. Lingkungan
Sosial
3. Inteligensi
4. Motivasi
3. Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
a. Pembelajaran Bahasa
tindakan yang dilakukan
oleh peserta didik untuk memperoleh tindakan tingkah laku sebagai hasil
pengalaman peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungan . sedangkan ,
pembelajaran merupakan suatu cara untuk membuat peserta didik memiliki kemauan
untuk belajar memahami sesuatu.
b. Fungsi
Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Untuk
meningkatkan produktivitas pendidikan ,
2. Memberikan kemungkinan pendidikan yang
sifatnya lebih individual
3. Memberikan
dasar yang ilmiah terhadap pengajaran ,dengan jalan perencanaan program pendidikan
yang lebih sistematis.
4. Lebih
menetapkan pengajaran ,dengan meningkatkan kemampuan peserta didik dengan
berbagai media komunikasi.
5. Memungkinkan pembelajaran secara seketika .
6. Memungkinkan
penyajian pendiidikan secara luas,terutama
c. Tujuan
Mempelajarin Bahasa Indonesia
1. Berkomunikasi
secara efektif dan efisien ,sesuai dengan etika yang berlaku .
2. Menghargai
dan bangga mengggunakan Bahasa indonesia sebagai alat pemersatu bangsa
indonesia.
3. Memahami
Bahasa indonesia serta menggunakan dengan tepat untuk berbagai tujuan .
4. Menggunakan
Bahasa Indonesia untuk meninngkatkan kemampuan intelektual ,serta kematangan
sosial dan emosional .
5. Menikmati
dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperluas budi
pekerti, meningkatkan pengetahuan maupun kemampuan berbahasa sebagai khasanah budaya dan juga
intelektual manusia Indonesia
d. Strategi
Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Strategi
Pembelajaran Lamgsung
2. Strategi
Pembelajaran Cooperative Learning .
3. Strategi
Pembelajaran Problem Solving .
4. Strategi
Menggulang
5. Strategi
eloborasi
C.
Manfaat
Mempelajari Materi
Mahasiwa mengetahui :
1. Definisi
dari hakikat Bahasa
2. Teori
pemerolehan Bahasa
3. Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
D.
Kendala
Yang Dihadapi Saat Proses Pembelajaran
a. Untuk
presentasi pertama saya rasa tidak ada kendala yang terlalu rumit hanya saja
dosen terlambat masuk karena ada urusan lain tetapi untuk presentasi tetap jalan
dan lancar sampai akhir.
E.
Harapan
Setelah Mempelajari Materi
Mahasiswa
mampu memahami , menjelaskan serta mampu mengaplikasikan materi yang
dipelajari baik itu dikehidupan
masyarakat atau pun nanti ketika mahasiswa menjadi seorang guru.
Learning Log Materi 2
Kajian Bahasa Indonesia Sekolah Dasar
Sejarah
Perkembangan Bahasa Indonesia Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia serta Ragam
Bahasa Indonesia
Dosen
Pengampu :
Delora Jantung
Amelia, M.Pd
Disusun Oleh
Muhammad
Syailan (201810430311052)
Kelas: PGSD -3B
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMDUYAH MALANG
2019
Learning Log 2
Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Kedudukan dan
Fungsi Bahasa Indonesia serta Ragam Bahasa Indonesia
Nama Mahasiswa : Muhammad
Syailan
NIM :
201810430311052
Hari dan Tanggal : Jumat,
20 September 2019
Tempat Kuliah :
GKB 1 Ruangan 3.12
A.
Materi
Pokok Kuliah
a. Sejarah
perkembangan bahasa indonesia
b. Kedudukan
bahasa indonesia
c. Fungsi
bahasa indonesia
d. Ragam
bahasa Indonesia
B.
Penjelasan
Terkait Materi
a. Sejarah
perkembangan bahasa Indonesia
Dalam pemakaian bahasa
Indonesia ini, dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau, namun dengan
bertambahnya zaman dari waktu ke waktu bahasa indonsia ini mengalami
perkembangan, faktor utamanya adalah
akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja dan proses pembakuan pada awal
abad ke-20 Sampai saat ini, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup dan
terus berkembang dan menggadopsian, pengayaan kosakata baru, baik melalui
penciptaan maupun melalui penyerapan dari bahasa daerah maupun bahasa asing.
b. Kedudukan
bahasa Indonesi
Bahasa Indonesia mempunyai
kedudukan yang sangat penting, seperti tercantum pada ikrar ketiga Sumpah
Pemuda 1928 yang berbunyi Kami putra dan putri indonesia menjunjung tinggi
bahasa persatuan, bahasa indonesia
Ø Bahasa
Nasional
1. Bahasa
Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan
2. Lambang
Kebanggaan Nasional
3. Lambang
Identitas Nasional
4. Alat
Pemersatu Berbagai Suku
5. Bahasa
Negara (Bahasa Resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia)
Ø Bahasa
Negara
1. Bahasa
Indonesia sebagai Bahasa Ilmu Pengetahuan, teknologi, dan Seni.
2. Bahasa
pengantar dalam dunia pendidikan
3. Bahasa
Indonesia sebagai Bahasa dalam Pembangunan
c. Fungsi
bahasa Indonesia
Ø
Fungsi Bahasa Secara Umum
1. Sebagai alat
untuk mengungkapkan perasaan
2. Sebagai
alat komunikasi
3. Sebagai
alat berinteraksi dan beradaptasi sosial
4. Sebagai
alat kontrol social
Ø Fungsi
Bahasa Secara Khusus
1.
Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari
2.
Mewujudkan Seni (Sastra)
3.
Mempelajari bahasa kuno
d. Ragam
bahasa Indonesia
Ragam bahasa adalah variasi
bahasa yang terbentuk karena pemakaian bahasa. Pemakaian bahasa itu dibedakan
berdasarkan media yang digunakan topik pembicaraan, dan sikap pembicaranya.
Ø Ragam
Bahasa Berdasarkan Situasi Pemakaiannya
Ø Ragam
Bahasa Berdasarkan Mediumnya
Ø Ragam
Sosial Dan Ragam Fungsional
C.
Manfaat
Mempelajari Materi
a. Untuk
menambah wawasan tentang Sejarah perkembangan bahasa indonesia, Kedudukan
bahasa Indonesia dan Fungsi bahasa Indonesia serta Ragam bahasa indonesia
D.
Kendala
Yang Dihadapi Saat Proses Pembelajaran
a. Sebagian
mahasiswa banyak yang tidak mau bertanya sehingga yang bertanya cuman mahasiswa
itu-itu aja.
b. Dosen
terlambat hadir karena ada urusan tetapi mahasiswa tetap melaksanakan
presentasi walaupun dosen terlambat hadir.
E.
Harapan
Setelah Mempelajari Materi
a. Setelah
mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan terkait Sejarah
perkembangan bahasa indonesia, Kedudukan bahasa Indonesia , Fungsi bahasa
Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia serta mampu mengaplikasi materi tersebut
dalam kehidupan sehari-hari