Wikipedia

Search results

Learning Log Hakikat Bahasa Indonesia , Teori Pemerolehan Bahasa serta Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dan Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia serta Ragam Bahasa Indonesia


Learning Log 1
Kajian Bahasa Indonesia Sekolah Dasar
Hakikat Bahasa Indonesia , Teori Pemerolehan Bahasa serta Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Dosen Pengampu :
Delora Jantung Amelia, M.Pd


Disusun Oleh

Muhammad Syailan              (201810430311052)


Kelas: PGSD -3B

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDUYAH MALANG
2019








Learning Log Materi 1
Hakikat Bahasa Indonesia , Teori Pemerolehan Bahasa serta Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Nama Mahasiswa        : Muhammad Syailan
NIM                            : 201810430311052
Hari dan Tanggal        : Senin , 16 September 2019
Tempat Kuliah                         : GKB 1 Ruangan 3.12
A.     Materi Pokok Kuliah
1.      Definisi dari hakikat Bahasa
2.      Teori pemerolehan Bahasa
3.      Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
B.     Penjelasan Terkait Materi
1.      Definisi dari hakikat Bahasa
Pada hakikatnya bahasa adalah bunyi ujar atau lisan. Hal ini dapat dijelaskan dengan mengggunakan fakta sejarah bahwa orang atau kelompok orang atau masyarakat sejak dahulu telah dapat melakukan komunikasi dengan menggunakan basaha yang telah disepakati secara bersama secara lisan.
2.      Teori pemerolehan Bahasa
Pemerolehan bahasa (language acquististion) adalah proses pemilikan kemampuan bebahasa secara alamiah
a.       Berjalan secara spontan, tanpa di sadari dan tanpa dibebankan
b.      Terjadi secara langsung dalam situasi informal
c.       Didorong oleh kebutuhan.
d.      Berlangsung secara terus menerus dalam berbahasa nyata dan bermakna
e.       Diperoleh secara lisan melalui tindak berbahasa menyimak/ mendengarkan dan berbicara

Tiga Pemerolehan bahasa 
a.       Pandagan Navitisme
b.      Pandagan Behaveoristik
c.       Pandagan Kognitif

Faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa
1.      Faktor Biologis
2.      Lingkungan Sosial
3.      Inteligensi
4.      Motivasi
3.      Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
a.       Pembelajaran  Bahasa
tindakan yang dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh tindakan tingkah laku sebagai hasil pengalaman peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungan . sedangkan , pembelajaran merupakan suatu cara untuk membuat peserta didik memiliki kemauan untuk belajar memahami sesuatu.
b.      Fungsi Pembelajaran Bahasa Indonesia
1.      Untuk meningkatkan produktivitas pendidikan ,
2.       Memberikan kemungkinan pendidikan yang sifatnya lebih individual
3.      Memberikan dasar yang ilmiah terhadap pengajaran ,dengan jalan perencanaan program pendidikan yang lebih sistematis.
4.      Lebih menetapkan pengajaran ,dengan meningkatkan kemampuan peserta didik dengan berbagai media komunikasi.
5.      Memungkinkan  pembelajaran secara seketika .
6.      Memungkinkan penyajian pendiidikan secara luas,terutama
c.       Tujuan Mempelajarin Bahasa Indonesia
1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien ,sesuai dengan etika yang berlaku .
2.      Menghargai dan bangga mengggunakan Bahasa indonesia sebagai alat pemersatu bangsa indonesia.
3.      Memahami Bahasa indonesia serta menggunakan dengan tepat untuk berbagai tujuan .
4.      Menggunakan Bahasa Indonesia untuk meninngkatkan kemampuan intelektual ,serta kematangan sosial dan emosional .
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperluas budi pekerti, meningkatkan pengetahuan maupun kemampuan  berbahasa sebagai khasanah budaya dan juga intelektual manusia Indonesia
d.      Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia
1.      Strategi Pembelajaran Lamgsung
2.      Strategi Pembelajaran Cooperative Learning .
3.      Strategi Pembelajaran  Problem Solving .
4.      Strategi Menggulang
5.      Strategi eloborasi
C.     Manfaat Mempelajari Materi
Mahasiwa mengetahui :
1.      Definisi dari hakikat Bahasa
2.      Teori pemerolehan Bahasa
3.      Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
D.     Kendala Yang Dihadapi Saat Proses Pembelajaran
a.       Untuk presentasi pertama saya rasa tidak ada kendala yang terlalu rumit hanya saja dosen terlambat masuk karena ada urusan lain tetapi untuk presentasi tetap jalan dan lancar sampai akhir.
E.     Harapan Setelah Mempelajari Materi
Mahasiswa mampu memahami , menjelaskan serta mampu mengaplikasikan materi yang dipelajari  baik itu dikehidupan masyarakat atau pun nanti ketika mahasiswa menjadi seorang guru.











Learning Log Materi 2
Kajian Bahasa Indonesia Sekolah Dasar
Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia serta Ragam Bahasa Indonesia

Dosen Pengampu :
Delora Jantung Amelia, M.Pd


Disusun Oleh

Muhammad Syailan              (201810430311052)


Kelas: PGSD -3B

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMDUYAH MALANG
2019

Learning Log 2
Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia serta Ragam Bahasa Indonesia
Nama Mahasiswa        : Muhammad Syailan
NIM                            : 201810430311052
Hari dan Tanggal        : Jumat, 20 September 2019
Tempat Kuliah                         : GKB 1 Ruangan 3.12
A.     Materi Pokok Kuliah
a.       Sejarah perkembangan bahasa indonesia
b.      Kedudukan bahasa indonesia
c.       Fungsi bahasa indonesia
d.      Ragam bahasa Indonesia
B.     Penjelasan Terkait Materi
a.       Sejarah perkembangan bahasa Indonesia
Dalam pemakaian bahasa Indonesia ini, dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau, namun dengan bertambahnya zaman dari waktu ke waktu bahasa indonsia ini mengalami perkembangan, faktor utamanya adalah  akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja dan proses pembakuan pada awal abad ke-20 Sampai saat ini, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup dan terus berkembang dan menggadopsian, pengayaan kosakata baru, baik melalui penciptaan maupun melalui penyerapan dari bahasa daerah maupun bahasa asing.
b.      Kedudukan bahasa Indonesi
Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting, seperti tercantum pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi Kami putra dan putri indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa indonesia
Ø  Bahasa Nasional
1.      Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan
2.      Lambang Kebanggaan Nasional
3.      Lambang Identitas Nasional
4.      Alat Pemersatu Berbagai Suku
5.      Bahasa Negara (Bahasa Resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia)
Ø  Bahasa Negara
1.      Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Ilmu Pengetahuan, teknologi, dan Seni.
2.      Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
3.      Bahasa Indonesia sebagai Bahasa dalam Pembangunan
c.       Fungsi bahasa Indonesia
Ø  Fungsi Bahasa Secara Umum
1.      Sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan
2.      Sebagai alat komunikasi
3.      Sebagai alat berinteraksi dan beradaptasi sosial
4.      Sebagai alat kontrol social
Ø  Fungsi Bahasa Secara Khusus
1.      Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari
2.      Mewujudkan Seni (Sastra)
3.      Mempelajari bahasa kuno
d.      Ragam bahasa Indonesia
Ragam bahasa adalah variasi bahasa yang terbentuk karena pemakaian bahasa. Pemakaian bahasa itu dibedakan berdasarkan media yang digunakan topik pembicaraan, dan sikap pembicaranya.
Ø Ragam Bahasa Berdasarkan Situasi Pemakaiannya
Ø Ragam Bahasa Berdasarkan Mediumnya
Ø Ragam Sosial Dan Ragam Fungsional
C.     Manfaat Mempelajari Materi
a.       Untuk menambah wawasan tentang Sejarah perkembangan bahasa indonesia, Kedudukan bahasa Indonesia dan Fungsi bahasa Indonesia serta Ragam bahasa indonesia
D.     Kendala Yang Dihadapi Saat Proses Pembelajaran
a.       Sebagian mahasiswa banyak yang tidak mau bertanya sehingga yang bertanya cuman mahasiswa itu-itu aja.
b.      Dosen terlambat hadir karena ada urusan tetapi mahasiswa tetap melaksanakan presentasi walaupun dosen terlambat hadir.
E.     Harapan Setelah Mempelajari Materi
a.       Setelah mempelajari materi ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan terkait Sejarah perkembangan bahasa indonesia, Kedudukan bahasa Indonesia , Fungsi bahasa Indonesia dan Ragam bahasa Indonesia serta mampu mengaplikasi materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari