PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu bahan kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan,
adaptasi, seleksi dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan
keterampilan-keterampilan sejarah, geografi, sosiologi, antropologi, dan
ekonomi. Puskur (Kasim, 2008:4). Geografi, sejarah, dan antropologi
merupakan disiplin ilmu yang memiliki keterpaduan yang tinggi.Pembelajaran
geografi memberikan wawasan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa dengan
wilayah-wilayah, sedangkan sejarah memberikan kebulatan wawasan berkenaan
dengan peristiwa-peristiwa dari berbagai priode.
Antropologi meliputi studi-studi komparatif
yang berkenaan dengan nilai-nilai kepercayaan, struktur sosial,
aktivitas-aktivitas ekonomi, organisasi politik, ekspresi-ekspresi dan
spiritual, teknologi, dan benda-benda budaya dari budaya-budaya terpilih.Ilmu
ekonomi tergolong kedalam ilmu-ilmu tentang kebijakan pada aktivitas-aktivitas
yang berkenaan dengan pembuatan keputusan. Sosiologi merupakan ilmu-ilmu
tentang prilaku seperti konsep peran kelompok, institusi, proses interaksi dan
kontrol sosial.
Kosasi Djahiri (Yaba, 2006:5) menyatakan bahwa IPS adalah merupakan ilmu pengetahuan
yang memadukan sejumlah konsep pilihan dari cabang ilmu sosial dan ilmu lainnya
serta kemudian diolah berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan dan didaktif untuk
dijadikan program pengajaran pada tingkat persekolahan.
Nursid Sumaatmadja (Supriatna, 2008:1) mengemukakan bahwa "Secara mendasar
pengajaran IPS berkenaan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala
tingkah laku dan kebutuhannya”. IPS berkenaan dengan cara manusia menggunakan
usaha memenuhi kebutuhan materinya, memenuhi kebutuhan budayanya, kebutuhan
kejiwaannya, pemanfaatan sumber yang ada dipermukaan bumi, mengatur
kesejahteraan dan pemerintahannya, dan lain sebagainya yang mengatur serta
mempertahankan kehidupan masyarakat manusia.
Sedangkan menurut Leonard (Kasim, 2008:4) mengemukakan bahwa IPS menggambarkan
interaksi individu atau kelompok dalam masyarakat baik dalam lingkungan mulai
dari yang terkecil misalkan keluarga, tetangga, rukun tetangga atau rukun
warga, desa / kelurahan, kecamatan, kabupaten, profinsi, Negara dan dunia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan IPS
adalah disiplin-displin ilmu sosial ataupun integrasi dari berbagai cabang ilmu
sosila seperti : sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, dan antropologi yang
mempelajari masalah-masalah sosial.
A. Tujuan IPS
Mata pelajaran IPS disekolah dasar marupakan
program pengajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik
agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi dimasyarakat, memilki sikap
mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil
mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya
sendiri maupun yang menimpa masyarakat. Tujuan tersebut dapat dicapai manakala
program-program pelajaran IPS disekolah diorganisasikan secara baik.
Dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) 2006 tercantum bahwa tujuan IPS adalah :
a.
Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan
lingkungannya.
b.
Memilki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa
ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan
keterampilan dalam kehidupan sosial.
c.
Memilki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan
kemanusiaan.
d.
Memilki kemampuan untuk berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi
dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional dan global.
Sedangkan tujuan khusus pengajaran IPS
disekolah dapat dikelompokkan menjadi empat komponen yaitu:
a.
Memberikan kepada Siswa pengetahuan tentang pengalaman manusia dalam
kehidupan bermasyarakat pada masa lalu, sekarang dan masaakan datang.
b.
Menolong siswa untuk mengembangkan keterampilan (skill) untuk mencari
dan mengolah informasi.
c.
Menolong siswa untuk mengembangkan nilai / sikap demokrasi dalam
kehidupan bermasyarakat.
d.
Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk mengambil bagian / berperan
serta dalam bermasyarakat.
B. Ruang Lingkup IPS
Pada ruang lingkup mata pelajaran IPS SD
meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
a.
Manusia, tempat dan lingkungan.
b.
Waktu, keberlanjutan dan perubahan.
c.
Sistem Sosial dan Budaya.
d.
Perilku Ekonomi dan Kesehjahteraan.