Abstrak
Adapun
tujuan penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
pengaruh penggunaan Metode Ceramah pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
di SDN Tegalgondo Kelas IV,Malang Jawa Timur. Metode ini paling sering
digunakan oleh guru dalam rangka untuk menjelaskan materi, dengan harapan
setelah diberi penjelasan tersebut siswa mengerti dan faham. Metode ini lebih
menekankan keaktifan guru sedangkan siswa lebih bersifat pasif. Metode ini
banyak sekali dipakai, karena metode ini mudah dilaksanankan.
Penelitian ini termasuk jenis
penelitian untuk mengetahui penerapan metode ceramah serta hasil dari penerapan
metode ceramah di Sekolah Dasar Negeri Tegalgondo, Malang Jawa Timur. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Tegalgondo. Penentuan subjek adalah
dengan melihat bagaimana penerapag metode ceramah oleh guru kemudian
bagaimanan respon balik siswa terhadap metode yang disampaikan guru. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan cara mewawancarai serta mendokumentasi guru dan siswa
saat proses pembelajaran berlangsung. Sumber data dianalisis secara deskriptif
kualitatif.
Hasil
penelitian menunjukan bahwa, pada observasi yang dilakukan pada hari Rabu, 27
November 2019 mengenai penerapan metode ceramah di Sekolah Dasar Tegalgondo,
Malang Jawa Timur. Guru lebih banyak berbicara dan aktif sedangkan siswa
bersifat pasif. Serta dalam proses pembelajaran bersifat pada guru. Dengan demikian,
bahwa penerapan metode ceramah guru adalah sebagai sumber informasi yang utama
sedangkan siswa lebih hanya sebagai pendengar yang baik.
Kata Kunci : Penerapan Metode Ceramah
Abstract
The research objectives
related to this research are to determine the effect of using the Lecture
Method in Islamic Religious Education subjects at SDN Tegalgondo Class IV,
Malang, East Java. This method is most often used by teachers in order to
explain the material, with the hope that after being given the explanation
students understand and understand. This method emphasizes the activeness of
the teacher while students are more passive. This method is widely used,
because this method is easy to implement.
This research is a type of
research to determine the application of the lecture method and the results of
applying the lecture method in the Tegalgondo State Elementary School, Malang,
East Java. The subjects of this study were teachers and students in class IV
Tegalgondo State Elementary School. Determination of the subject is to see how
the implementation of the lecture method by the teacher then how the students'
responses to the methods conveyed by the teacher. Data collection techniques
carried out by interviewing and documenting teachers and students during the
learning process. Data sources were analyzed descriptively qualitatively.
The results showed that, on observations made on
Wednesday, November 27, 2019 regarding the application of the lecture method at
Tegalgondo Elementary School, Malang, East Java. The teacher is more talkative
and active while the students are passive. And in the learning process is on
the teacher. Thus, that the application of the teacher's lecture method is the
main source of information while students are more than good listeners.
Keyword: Application of the Lecture Method