Wikipedia

Search results

CONTOH PEMBUATAN ABSTARAK PENELITIAN YANG BENER

Abstrak
            Adapun tujuan penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Ceramah pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Tegalgondo Kelas IV,Malang Jawa Timur. Metode ini paling sering digunakan oleh guru dalam rangka untuk menjelaskan materi, dengan harapan setelah diberi penjelasan tersebut siswa mengerti dan faham. Metode ini lebih menekankan keaktifan guru sedangkan siswa lebih bersifat pasif. Metode ini banyak sekali dipakai, karena metode ini mudah dilaksanankan.
            Penelitian ini termasuk jenis penelitian untuk mengetahui penerapan metode ceramah serta hasil dari penerapan metode ceramah di Sekolah Dasar Negeri Tegalgondo, Malang Jawa Timur. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tegalgondo. Penentuan subjek adalah  dengan melihat bagaimana penerapag metode ceramah oleh guru kemudian bagaimanan respon balik siswa terhadap metode yang disampaikan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai serta mendokumentasi guru dan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Sumber data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
                Hasil penelitian menunjukan bahwa, pada observasi yang dilakukan pada hari Rabu, 27 November 2019 mengenai penerapan metode ceramah di Sekolah Dasar Tegalgondo, Malang Jawa Timur. Guru lebih banyak berbicara dan aktif sedangkan siswa bersifat pasif. Serta dalam proses pembelajaran bersifat pada guru. Dengan demikian, bahwa penerapan metode ceramah guru adalah sebagai sumber informasi yang utama sedangkan siswa lebih hanya sebagai pendengar yang baik.

Kata Kunci : Penerapan Metode Ceramah

  Abstract
            The research objectives related to this research are to determine the effect of using the Lecture Method in Islamic Religious Education subjects at SDN Tegalgondo Class IV, Malang, East Java. This method is most often used by teachers in order to explain the material, with the hope that after being given the explanation students understand and understand. This method emphasizes the activeness of the teacher while students are more passive. This method is widely used, because this method is easy to implement.
This research is a type of research to determine the application of the lecture method and the results of applying the lecture method in the Tegalgondo State Elementary School, Malang, East Java. The subjects of this study were teachers and students in class IV Tegalgondo State Elementary School. Determination of the subject is to see how the implementation of the lecture method by the teacher then how the students' responses to the methods conveyed by the teacher. Data collection techniques carried out by interviewing and documenting teachers and students during the learning process. Data sources were analyzed descriptively qualitatively.
            The results showed that, on observations made on Wednesday, November 27, 2019 regarding the application of the lecture method at Tegalgondo Elementary School, Malang, East Java. The teacher is more talkative and active while the students are passive. And in the learning process is on the teacher. Thus, that the application of the teacher's lecture method is the main source of information while students are more than good listeners.
Keyword:  Application of the Lecture Method