MEMORANDUM
OF UNDERSTANDING
BIDANG
PENALARAN
A.
Presentasi PKM
Terdapat
beberapa Pasal yang menjelaskan tentang kondisi mulai dari waktu dan peraturan
lain yang berhubungan dengan kegiatan ini, yaitu
1.
Pasal
1 Peraturan Waktu dan Ketepatan
Waktu
a. Peserta
mengumpulkan softcopy proposal usulan PKM (sesuai dengan pedoman PKM 2018) pada tanggal 30 November
2019 ke email BEM-FKIP (ummbemfkip@gmail.com) berbentuk Ms. Word selambat-lambatnya
pukul 10.00 WIB. Menggunakan
subjek dan nama file dengan format (Nama, Jurusan, Jenis PKM, Lomba yang diikuti).
b. Peserta
yang lolos tahap seleksi dipersilahkan datang ketempat perlombaan pada tanggal 04 Desember 2019 maksimal kurang dari
30 menit sebelum lomba dimulai.
c. Check
– in ke sekretariat bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dengan waktu
sekurang – kurangnya 15 menit sebelum perlombaan dimulai.
d. Perlombaan dimulai pukul 09.00 WIB
e. Perserta
yang tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan akan di diskualifikasi
terkecuali di saat itu peserta memiliki keperluan yang sangat mendesak seperti
masalah post test dan kuis.
2.
Pasal
2 Peraturan selama perlombaan
a. Peserta Presentasi PKM adalah perwakilan 1 (Satu)
orang (PA atau Pi) dari setiap jurusan.
b. Pesarta
diperbolehkan membawa alat
yang bisa membantu dalam presentasi PKM.
Adapun jenis PKM yang dilombakan adalah
1. PKM-P
2. PKM-KC
3. PKM-K
4. PKM-M
5. PKM-GT
6. PKM-AI
7. PKM-T
c. Peserta lomba Presentasi PKM adalah perjurusan dimana setiap jurusan diwakilkan 3 sampai dengan 5 orang baik putra atau
putri.
d. Presentasi PKM terdiri dari softfile yang berbentuk Ms. Word dan
Power Point serta hardcopynya.
e. Pakaian yang dikenakan dalam perlombaan bebas dan rapi
serta bersepatu.
Segala
hal yang berhubungan dengan keputusan dewan juri bersifat mutak dan tidak dapat
diganggu gugat.
B. English
Speech
Terdapat beberapa Pasal yang menjelaskan tentang
kondisi mulai dari waktu dan peraturan lain yang berhubungan dengan kegiatan
ini, yaitu
1.
Pasal 1 Peraturan
Waktu dan Ketepatan Waktu
a. Peserta
Wajib Mengumpulkan Softcopy Naskah Pidato ke email BEM FKIP (ummbemfkip@gmail.com) menggunakan subjek
dan nama file dengan format (Nama, Jurusan, Lomba yang diikuti) dengan tema A degree for a better job atau Habits
are a reflection of yourself. selambat-lambatnya H–1 sebelum perlombaan
dimulai.
b.
Peserta
datang ketempat perlombaan maksimal kurang dari 30 menit sebelum lomba dimulai.
c.
Check
– in ke sekretariat bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini
dengan waktu sekurang – kurangnya 15 menit sebelum perlombaan dimulai.
d.
Perserta
yang tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan akan di diskualifikasi
terkecuali di saat itu peserta memiliki keperluan yang sangat mendesak seperti
masalah post test dan kuis.
2.
Pasal 2 Peraturan
selama perlombaan
a. Peserta English Speech adalah perwakilan 1 (satu)
orang (Pa atau Pi) dari setiap jurusan.
b. Peserta
Wajib Menggunakan atasan Kemeja Berkerah dan bawahan Rok/Celana.
c. Bagi
Wanita yang Non –
hijab rambut dikuncir rapi.
d.
Naskah
pidato merupakan naskah asli yang dibuat oleh peserta dan bukan hasil dari
orang lain.
e.
Naskah
pidato diketik dalam bahasa inggris menggunakan font “Times New Roman”
ukuran 12 dengan spasi 1,5 serta dicetak di atas kertas dengan ukuran A4.
f.
Peserta
dapat mempresentasikan pidato pada saat perlombaan dengan atau tanpa naskah.
g.
Terdapat
sesi tanya jawab dari dewan juri.
h.
Durasi
penampilan dalam English speech maksimal 15 Menit termasuk dengan Tanya jawab.
i.
Hal-hal
yang bersangkutan dengan penilaian dari juri adalah ;
1.
Kesesuaian
dengan tema
2.
Gaya penyampaian
3.
Intonasi
4.
Artikulasi dan
pelafalan
5.
Kostum
j.
Segala
hal yang berhubungan dengan keputusan dewan juri bersifat mutak dan tidak dapat
diganggu gugat.
C. English
Debate
Terdapat beberapa Pasal yang menjelaskan tentang
kondisi mulai dari waktu dan peraturan lain yang berhubungan dengan kegiatan
ini, yaitu
1.
Pasal 1 Peraturan
Waktu dan Ketepatan Waktu
a.
Peserta
datang ketempat perlombaan maksimal kurang dari 30 menit sebelum lomba dimulai.
b.
Check
– in ke sekretariat bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini
dengan waktu sekurang – kurangnya 15 menit sebelum perlombaan dimulai.
c.
Perserta
yang tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan akan di diskualifikasi
terkecuali di saat itu peserta memiliki keperluan yang sangat mendesak seperti
masalah post test dan kuis.
2.
Pasal 2 Peraturan
selama perlombaan
a.
Lomba
English Debate bersifat antar jurusan.
b.
Setiap
jurusan hanya mengirimkan 1 tim yang beranggotakan 3 orang.
c.
Seluruh
anggota tim diwajibkan menggunakan pakaian yang rapi dan bersepatu.
d.
Peserta dilarang
menggunakan segala macam alat komunikasi saat debat.
e.
Peserta tidak
diperkenankan membawa SARA (Suku, Ras, Agama, dan Antar Golongan) dalam
berargumen.
f.
Peserta tidak
diperbolehkan melakukan kekerasan fisik dan/atau verbal saat debat.
g.
Sistem
perlombaan merupakan sistem gugur,
h.
Segala
hal yang berhubungan dengan keputusan dewan juri bersifat mutak dan tidak dapat
diganggu gugat
Sistematika English
Debate
1. Debate
menggunakan sistem ASIAN PARLIEMENATRY.
2. Terdiri
dari first, second, third speaker, dan reply speaker.
3. Waktu
maksimal setiap speaker 7 menit 20 detik dan 3 menit untuk reply speaker.
4. Motion
menggunakan prepared pada ronde pertama yang akan di bagikan H-7 lomba.
5. Group
Pro & Kontra akan di tentukan oleh juri.
D. Mc
Formal,
Non-Formal dan Announcer
1. Ketentuan
dan Tata Tertib Pertandingan
Ø Peserta
adalah mahasiswa fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan 2016-2019
Ø Setiap
fakultas WAJIB mendelegasikan 1 setiap
cabang (Pa atau Pi) perwakilan untuk mengikuti lomba
Ø Peserta
Membuat sendiri teks yang akan digunakan saat perlombaan
Ø Peserta
WAJIB datang tepat waktu disaat pelaksanaan lomba sesuai dengan waktu yang
telah di umumkan
Ø Peserta
berpakaian yang sopan dan rapi
E. Debat
Koperasi
1.
Ketentuan Umum
a) Pertandingan terdiri dari 2 babak yaitu babak
penyisihan dan final.
b) Setiap kelas hanya mengirimkan 1 tim yang
beranggotakan 3 orang.
c) Peserta wajib hadir 15 menit sebelum
perlombaan dimulai.
d) Peserta yang tidak hadir pada waktu yang telah
ditentukan akan di diskualifikasi terkecuali di saat itu peserta memiliki
keperluan yang sangat mendesak seperti masalah post test dan kuis.
e)
Panitia berhak merevisi/mengubah peraturan apabila kondisi memungkinkan.
f)
Keputusan juri dan panitia bersifat mutlak
g)
Tema
Debat Koperasi adalah “Koperasi
Dalam Kewirausahaan di Era Revolusi 4.0 Untuk Memajukan Perekonomian Jawa Timur”.
2.
Format Debat
a) Debat
akan dipimpin oleh seorang moderator yang dipersiapkan oleh panitia.
b) Dua
tim akan berdebat sebuah topik (motion). Satu tim berperan sebagai tim
positif/pro dan tim lainnya sebagai tim negative/kontra yang ditentukan dengan
toss coin.
c) Setiap sesi akan memiliki 3 pembicara yang akan
menyampaikan pidato substantif dengan urutan dan alokasi sebagai berikut:
1.
|
1st speaker tim pro
|
3 menit
|
2.
|
1st speaker tim kontra
|
3 menit
|
3.
|
2nd speaker tim pro
|
3 menit
|
4.
|
2nd speaker tim kontra
|
3 menit
|
Argument & question juri
|
||
5.
|
3rd speaker tim pro
|
3 menit
|
6.
|
3rd speaker tim kontra
|
3 menit
|
7.
|
Conclusion tim kontra
|
2 menit
|
8.
|
Conclusion tim pro
|
2 menit
|
d)
Pihak pertama (Tim Positif) mengajukan sebuah usulan kepada parlemen.
e) Pihak oposisi (Tim Negatif) menyanggah usulan
tersebut.
f) Masing-masing pihak berusaha meyakinkan
Parlemen (Adjudicator) bahwa usulannya yang patut diterima.
g) Masing-masing pihak mendapatkan alokasi waktu
yang setara untuk mengemukakan pandangannya secara bergantian.
h) Parlemen (Adjudicator) melakukan pengambilan
suara (voting) untuk memutuskan usulan mana yang diterima.
3.
Pelaku
Ø Tim Positif beanggotakan 3 orang
Ø Tim Negatif beanggotakan 3 orang
Ø Ketua sidang didampingi oleh seorang pencatat
waktu (time Keeper)
Ø Tim juri (Adjudicator) dengan jumlah 2 orang
F.
Pidato Bahasa Arab
1.
Ketentuan Umum
a)
Perlombaan akan dilakukan antar jurusan FKIP UMM.
b)
Mengumpulkan teks pidato pada panitia pada hari perlombaan.
c)
Peserta wajib hadir 15 menit sebelum perlombaan dimulai
d)
Nomor urut penampilan akan di undi pada saat perlombaan.
e)
Peserta yang tidak hadir pada waktu yang telah di tentukan dianggap
mengundurkan diri.
2.
Peraturan Perlombaan
a)
Tema pidato “Pendidikan Menjadi Intelektual Dalam Peradaban Islam”
b)
Peserta Pidato Bahasa Arab adalah
perwakilan 1 (satu) orang (Pa atau Pi) dari setiap jurusan.
c)
Berbusana muslim dan bersepatu.
d)
Durasi pidato minimal 5 menit dan maksimal 7 menit.
e)
Diperbolehkan membawa teks pidato.
f)
Penilaian juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
3.
Aspek penilaian
a)
Gaya bahasa
b)
Isi pidato
c)
Kelancaran / Fashohah
d)
Gerak dan Ekspresi / Harokah
e)
Adab / Adabul Musytarik
G.
Putra Putri Kampus dan Putra Putri Genre FKIP
Terdapat
beberapa Pasal yang menjelaskan tentang kondisi mulai dari waktu dan peraturan
lain yang berhubungan dengan kegiatan ini, yaitu
3.
Pasal
1 Peraturan Waktu dan Ketepatan
Waktu
a. Peserta
datang ketempat perlombaan maksimal kurang dari 30 menit sebelum lomba dimulai.
b. Check
– in ke sekretariat bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dengan waktu
sekurang – kurangnya 15 menit sebelum perlombaan dimulai.
c. Perserta
yang tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan akan di diskualifikasi
terkecuali di saat itu peserta memiliki keperluan yang sangat mendesak seperti
masalah post test dan kuis.
4.
Pasal
2 Peraturan selama perlombaan
a. Tema menyesuaikan tema besar
pada Dekan Cup.
b. Pakaian yang dikenakan dalam perlombaan untuk pria
1. Atasan :
basofi
2. Bawahan :
celana kain dengan balutan jarik seperempat
c. Pakaian yang dikenakan dalam perlombaan untuk wanita
1. Atasan : kebaya (konvensional maupun modern)
2. Bawahan : jarik atau rok (boleh motif batik,
motif lain, maupun polos)
d. Hal-hal
yang bersangkutan dengan penilaian dari juri adalah ;
1. Kecerdasan dan Keluwesan dalam menjawab pertanyaan
2. Keserasian dan keanggunan dalam berpakaian
3. Keanggunan dalam berjalan
e. Segala
hal yang berhubungan dengan keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat
diganggu gugat.
f. Dalam
kompetisi ini juara 2 (1st RU) mendapatkan gelar sebagai Putra Putri Genre