Wikipedia

Search results

MAKALAH JENIS DAN TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN



KATA PENGATAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah evaluasi pembelajaran yang membahas tentang jenis – jenis dan teknik – teknik evaluasi pembelajaran dengan lancar tanpa ada hambatan.
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah untuk menjadi yang lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.











DAFTAR ISI

Kata pengantar......................................................................................................2
Daftar isi.................................................................................................................3
BAB I PENDAHULUAN......................................................................................4
Latar belakang .............................................................................................4
Rumusan masalah........................................................................................4
Tujuan..........................................................................................................4
BAB II PEMBAHASAN.......................................................................................5
Evaluasi pembelajaran.................................................................................5
Teknik – teknik evaluasi pembelajaran.......................................................5
Jenis jenis evaluasi pebelajaran...................................................................9
BAB III PENUTUP.............................................................................................13
Kesimpulan dan saran................................................................................13
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................13







BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Evaluasi dalam pendidikan merupakan salah satu komponen yang tak kalah penting dengan proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran dipandang sebagai proses perubahan tingkah laku siswa, peran evaluasi proses pembelajaran menjadi sangat penting. Evaluasi merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menganalisa dan menginterpretasi informasi untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peserta didik. Sistem evaluasi yang baik akan mampu memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran seingga pada gilirannya akan mampu membantu pengajar merencanakan strategi pembelajaran. Bagi peserta didik sendiri, sistem evaluasi yang baik akan mampu memberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuannya.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah  yang dimaksud evaluasi pembelajaran?
2.      Apakah jenis jenis evaluasi pembelajaran?
3.      Apakah teknik teknik evaluasi pembelajaran?

C.    Tujuan
1.      Mengetahui deskripsi evaluasi pembelajaran
2.      Mengetahui deskripsi jenis jennis evaluasi pembelajaran
3.      Mengetahui deskripsi teknik teknik evaluasi pembelajaran




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Evaluasi Pembelajaran
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, evaluasi berarti penilaian (KBBI, 1996:272). Sedangkan Evaluasi Menurut Suharsimi Arikunto (2004: 1) adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan. Nurgiyantoro (1988:5) menyebutkan bahwa evaluasi adalah proses untuk mengukur kadar pencapaian tujuan. Ia lebih lanjut menjelaskan bahwa evaluasi yang bersinonim dengan penilaian tidak sama konsepnya dengan pengukuran dan tes meskipun ketiga konsep ini sering didapatkan ketika masalah evaluasi pendidikan dibicarakan.
Dikatakannya bahwa penilaian berkaitan dengan aspek kuantitatif dan kualitatif, pengukuran berkaitan dengan aspek kuantitatif, sedangkan tes hanya merupakan salah satu instrumen penilaian. Meskipun berbeda, ketiga konsep ini merupakan satu kesatuan dan saling memerlukan. Pengukuran adalah proses penentuan kuantitas suatu objeck dengan memebandingkan antara alat ukur dengan objek yang diukur. Penilaian adalah proses penentuan kualitas suatu objek dengan membandinkan antara hasil-hasil ukur dengan standart penialaian tertentu.
Tes adalah alat pengumpulan data yang dirancang khusus. Yang membedakannya dengan evaluasi adalah bahwa evaluasi mencakup aspek kualitatif dan aspek kuanitatif. Dengan demikian, evaluasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan. Fungsi utama evaluasi adalah menelaah suatu objek atau keadaan untuk mendapatkan informasi yang tepat sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi adalah proses mendeskripsikan, mengumpulkan dan menyajikan suatu informasi yang bermanfaat untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal (Gagne dan Briggs, 1979:3).
Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran adalah adalah proses mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi informasi secara sistematik untuk menetapkan sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
B.     Jenis Jenis  Evaluasi Pembelajaran
a.    Jenis evaluasi berdasarkan tujuannya
1.      Evaluasi diagnostik
Diagnostik adalah evaluasi yang ditujukan untuk menelaah kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.
2.      Evaluasi selektf
Selektif adalah evaluasi yang digunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
3.      Evaluasi penempatan
Evaluasi penempatan adalah evaluasi yang digunakan utuk menempatkan siswadalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
4.      Evaluasi formatif
Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar dan mengajar.
5.      Evaluasi sumatif
Sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan bekerja siswa.
b.    Jenis Evaluasi Berdasarkan Sasaran:
1.      Evaluasi konteks
Evaluasi yang digunakan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun kebutuan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan.
2.      Evaluasi input
Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun yang strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.
3.      Evaluasi proses
Evaluasi yang ditunjukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kelacaran proses, kesesuai dengan rencana, fator pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan, dan sejenisnya.
4.      Evaluasi hasil daan produk
Evaluasi yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa lebi lanjut, yakni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat.
c.    Jenis evaluasi berdasarkan lingkup pembelajaran
1.      Evaluasi program pembelajaran
Evaluasi yang mencakup terhadap tujuan pembelajaran, starategi belajar mengajar, aspek-aspek program pembelajaran yang lain
2.      Evaluasi proses pembelajaran
Evaluasi yang mencakup kesesuain antara proses pembelajaran dengan gari-garis besar program pemelajaran yang, kemampuan siswa dalam proses pembelajaran.
3.      Evaluasi hasil pembelajaran
Evaluasi hasil belajar mencakup tangkat penguasaa siswa terhadap tujuan pembelaajaran yang ditetapkan baik umum  maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, efektif, psikomotorik.
d.   Jenis evaluasi berdasarkan objek dan subjek evaluasi
1.      Evaluasi input
Evaluasi terhadap siswa mencakup kemampuan kepribadian, sikap, keyakinan.
2.      Evaluasi informasi
Evaaluasi terhadapunsur-unsur transformasi proses pembelajaran antara lain materi, media, metode dan lain-lain.
3.      Evaluasi output
Evaluasi terhadap lulusan yang meengacu pada ketercapaian hasil pembelajaran. Berdasarkan Subjek:
a.       Evaluasi internal
Evaluasi yang dilakukan oleh orang dalam sekolah sebagai evaluator, misalnya guru.
b.      Evaluasi eksternal
c.       Evaluasi yang dilakukan oleh orang luar sekolah sebagai evaluator, misalnya orangtua, masyarakat.
C.    Teknik-teknik evaluasi pembelajaran
Menurut Oemart Hamalik (2009) teknik-teknik evaluasi pembelajaran meliputi:
a.    Teknik-teknik tindak lanjut jangka panjang
Teknik evaluasi di gunakan untuk menilai siswa yang telah lulus dan telah bekerja atau menempati pekerjaan tertentu. Karna itu mungkin aga sulit memperoleh kata itu dari lapangan. Untuk itu di perlukan data pada waktu yang bersangkutan masih duduk di bangku lembaga pendidikan dan data setelah ia bekerja. Penilaian itu perlu dilaksanakan terus menerus dalam jangka waktu yang panjang kendatipun kita harus memperhatikan banykan faktor yang berpengaruh khususnya di lapangan.
b.   Teknik penilaian perubahan perilaku dalam jangka panjang
Ada 3 teknik yang dapat di gunakan, yaitu sebagai berikut:
-          Observasi langsung terhadap si pelaku
-          Pengukuran tak langsung terhadap si pelaku
-          Pengukuran dengan bantuan orang lain
Teknik pengukuran dalam konteks latihan (training), meliputi berikut iniTeknik pengukuran langsung
Dengan sistem evaluasi kemampuan bekerja (job performance) berdasarkan laporan dari para supervisor. Pengamatan dan pencatatan harian ole seorang tenaga ahli di laksanakan secara berkala. Penggunaan metode insiden yang kritis yakni dengan cara pekerjaan tertentu dalam situasi khusus.
a.       Pengukran dampak secara tidak langsung
Mengukur perubahan-perubahan dalam aspek produktivitas, tingkat kekeliruan, kecepatan atau kualitas kerja, tigkat pemborsan, hubungan antar insan, dan sebagainnya.
Pengukuran berdasarkan informasi pihak kedua
Dengan mewawancarai pelaku, kuesioner, catatan harian pelaku sendiri, dan wawancara dengan atasannya.
b.      Teknik pengukuran reaksi-reaksi dalam jangka panjang
Observasi langsung dengan sikapnya terhadap pekerjaan, pengukuran tak langsung mengenai perubahan pekerjaan, koesioner, atau wawancara dengan atasannya.
Teknik pengukuran dalam konteks pendidikan, meliputi yang berikut ini:
a.       Teknik pengukuran langsung
dalam hal itu tidak ada pekerjaan dan laporan secara formal. Carannya di ambil sampel dari siswa dan di amati serta di buat catatan harian. Teknik pengukuran langsung sangat efektif karena dapat di ketahui seberapa jauh seklah telah memberi sumbangannya terhadap kebersihan seseorang.

b.      Pengukuran dampak secara tak langsung
Mengukur perubahan-perubahan dalam standar hidup, kualitas kehidupan, kesadaran sosial, dan partisipasi dalam kegiatan pemerintahan atau pembangunan.

c.       Pengukuran berdasarkan informasi pihak kedua
Semua teknik sosiologis wawancara dan koesorner dapat di gunakan untuk menyelidiki gaya hidup masyarakat

d.      Observasi langsung tentang usaha-usaha pendidikan lanjutan
Pengukuran secara langsung tentang permintaan pada pendidikan dan koesorner serta wawancara

c.       Teknik-teknik evaluasi akhir pengajaran
Teknik-teknik evaluasi di laksanakan pada akhir pengajarannya mencangkup evaluasi terhadap perilaku keterampilan (skilled performance) dan evaluasi terhadap aspek pengetauan (knowledge). Perilaku kerampilan meliputi keterampilan-keterampilan koknitif, prokomotor, reaktif, serta interaktif. Pengetahuan meliputi aspek-aspek pengenalan (recognition), ingatan (recall), dan pemahan (comprehension).
d.      Teknik evaluasi keterampilan reproduksi
a.       Aspek keterampilan kognitif, misalnya masalah-masalah yang vamiliar untuk di pecahkan dalam rangka menentukan ukuran-ukuran ketepatan dan kecepatan melakui latihan-latihan (drill) jangka panjang, evaluasi di lakukan dengan metode-metode objektif tertutup.
b.      Aspek pengetahuan psikomtor, dengan tes tindakan terdapat pelaksanaan tugas yang nyata atau yang di simulasikan, serta berdasarkan kriteria ketepatan, kecepatan, dan kualiatas enerapan secara objektif. Contoh : latihan mengetik, keterampilan menjalankan mesin, dan lain-lain.
c.       Aspek keterampilan reaktif, dilaksanakan secara langsung dengan pengamatan objektif terhadap tingkah laku pendekatan atau penghindaran, dan secara tak langsung dengan kuesioner sikap.
d.      Aspek keterampilan interaktif, secara langsung dengan menghitung frekuensi kebiasaan dan cara-cara baik yang di pertunjukan pada kondisi-kondisi terntu.
e.       Teknik evaluasi keterampilan produktif
a.       Aspek keterampilan kognitif, misalnya masalah-masala yang tidak familier untuk dipecahkan dan pemecahannya tidak begiturumit dengan menggunakan metode terturtup (open ended methods).
b.      Aspek ketrampilan psikomotor, yakni tugas-tugas produktif yang menuntut perencanaan starategi. Evaluasi terhadap hasil dan proses perecanaan ialah dengan observasi dan diskusi.
c.       Aspek keterampilan reaktif, secara langsung mengamati sistem nilai masyarakat dalam tindakannya di luar sekolah. Secara tak langsung melalui analisis mengenai posisi yang di ambil seseorang pada waktu mengikuti debat dan isu-isu kunci serta argumentasi yang digunakannya
f.       Teknik-teknik untuk menilai pengetahuan
a.       Teknik pnilaian aspek pengetahuan caranya (recognition), dengan memberikan pertayaan-pertayaan bentuk pilihan berganda, yang menuntut siswa agar melakukan indetifikasi tentang fakta, definisi, dan contoh yang betu (correct)l.
b.      Teknik penilaian aspek mengingat kembali (recall) caranya, dengan pertyaan-pertayaan terbuka - tertutup langsung untuk mengungkapkan jawaban-jawaban yang unik
c.       Teknk penilain aspek pemahaman caranya, dengan mengajukan pertayaan-prtayaan yang menuntut indetifikasi terhadap pertanyaan-pertanyaan yang betul dan keliru, konklusi, atau klafikasi dengan daftar pertayaan yang berkeaan dengan konsep.







BAB III
PENUTUP

Kesimpulan dan saran
Evaluasi merupakan suatu hal yng sangat penting dalam proses belajar dan pembelajaran. Evaluasi berarti pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menerapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam diri pribadi siswa.  
Semoga dengan adanya makalah ini pembaca, kususnya pendidik atau calon pendidik  dapat memberikan perhatian lebih dalam hal yang berkaitan dengan evaluasi sehingga seorang pendidik akan mempunyai dasar yang kuat dalam melakukan penilaian terhadap siswanya.

DAFTAR PUSTAKA
Ratna, Elis. 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan pelatihan Kurikulum 2013. Bandung: penerbit Pustaka Setia Bandung
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya