1.
A. Teori
Pembelajaran
Menurut
Gagne, Briggs, dan Wager (1992), pembelajaran adalah
serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses
belajar pada siswa.
Motivasi siswa baik ekstrinsik dan instrinsik akan
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Menurut Meece dan Blumenfild, ada
kolerasi positif antara hasil belajar dengan motivasi, semakin kuat dan tinggi
motivasi yang dimiliki siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar. Guru
harus berperan sebagai motivator, selain itu guru juga harus dapat menciptakan
proses belajar yang menantang siswa untuk berfikir kreatif.
Selain motivasi
penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sangat dibutuhkan sesuai dengan
karakteristik anak, menurut Teori Piaget anak usia 7 – 11
tahun termasuk periode operasional kongkrit (concrete operational period)
dimana hal-hal yang bersifat kongkrit lebih mudah dipahami dibanding yang
abstrak. Pada masa ini juga anak menganggap bahwa kehidupan adalah bermain.
Penggunaan alat peraga akan sangat membantu keberhasilan proses pembelajaran.
Guru juga harus mampu mengadakan variasi dalam
pembelajaran baik alat peraga maupun metode yang digunakan. Pengadaan variasi
dalam pembelajaran mempunyai manfaat sebagai berikut :
1.
Meningkatkan motivasi belajar siswa.
2.
Mengurangi kebosanan siswa dalam mengikuti
pembelajaran.
3.
Menumbuhkan rasa ingin tahu siswa pada hal-hal yang
sedang dipelajari.
Suciati (2003), motivasi merupakan
dorongan, dan dorongan tersebut dapat berupaintrinsic motivation (dorongan
dari dalam diri) dan extrinsic motivation (dorongan dari luar)
Menurut Robert Gagne, aktifitas pembelajaran yang
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu menjelaskan tujuan pada siswa,
memberikan bimbingan belajar dan menilai kemampuan siswa.
Menurut Puji Santosa,
dkk (2008) tujuan penggunaan teknik diskusi agar siswa dapat
mengembangkan pengetahuannya untuk mengatasi masalah, menyampaikan pendapatnya
dengan baik dan benar serta dapat menghargai orang lain.
Hargreaves (dalam Hopkins, 1993) Sekolah yang berhasil
mendorong terjadinya inovasi pada diri para guru telah berhasil pula
meningkatkan kualitas pendidikan untuk para siswa.
1.
B. Motivasi
Belajar dan Media Pembelajaran
1. Motivasi
Belajar
Motivasi belajar: (Huitt,
W. (2001) dalam Yuni Pitriah) “ motivasi belajar
adalah suatu kondisi internal sebagai pendorong pada diri anak untuk melakukan
kegiatan belajar, atau status internal kadang-kadang diartikan sebagai
kebutuhan, keinginan, atau hasrat yang mengarahkan perilaku seseorang
untuk aktif bertindak dalam rangka mencapai sesuatu”
Sementara itu (Slamet
,1987 :92). “ motivasi belajar adalah suatu hasrat atau
keinginan yang mengarah kepada tujuan pembelajaran, dan bila motivasi guru
tepat dan mengenai sasaran akan meningkatkan kegiatan belajar, dengan tujuan
yang jelas maka siswa akan belajar lebih tekun, giat dan lebih bersemangat”
Motivasi belajar terdiri dari 2 jenis yaitu :
1.
Motivasi Intrinsik yaitu suatu motivasi atau dorongan
yang lahir dalam diri siswa sendiri
2.
Motivasi Ekstrinsik yaitu suatu motivasi karena pengaruh
dari luar misalkan suasana kelas yang agak berbeda dirasakan siswa karena guru
mengunakan alat peraga atau guru memberika pujian.
Untuk meningkatkan perhatian siswa, motivasi belajar
siswa dapat juga dilakuka dengan sapaan atau penghargaan yang bisa dilakukan
dengan cara verbal atau non verbal yang merupakan bentuk motivasi
ekstrinsik.
“Jika pemberian
motivasi ekstrinsik ini dilakuka maka akan berdampak pada perhatian belajar
karena antara perhatian dan motivasi adalah satu kesatuan dimana perhatia
belajar adalah kesiapan mental (pikiran dan perasaan) pada suatu objek
pembelajaran yang akan berkontribusi terhadap hasil belajar siswa”. (Huitt,
W. (2001) dalam YuniPitriah)
Hasil belajar : Benyamin
Bloom (1956) “ Gambaran hasil belajar mencakup aspek kognitif, afektif
dan fsikomotorik” jadi hasil belajar berupa perubahan prilaku secara
keseluruhan meliputi tiga ranah yaitu pengetahuan (Kognitif) , Keterampilan
(Psikomotor) dan penguasaan nilai (Afektif). Hasil belajar akan tercapai
secara menyeluruh jika adanya motivasi belajar.